Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Kisah Inspiratif Lelaki Muslim Kanada Sedekahkan Sepatunya

Kategori Dunia: TrueStory

Kisah Inspiratif Lelaki Muslim Kanada Sedekahkan Sepatunya. Islam memang tengah menjadi sorotan lantaran di pelbagai belahan dunia konflik separatis melibatkan agama samawi ini. Pelakunya mengaku muslim ekstremis meski tindakan mereka jauh dari seruan kitab suci Al-Quran serta bijaksana diajarkan oleh junjungannya Nabi Muhammad.

Banyak pemeluk Islam yang waras jauh dari sorotan. Seperti peristiwa satu ini. Kejadian kecil yang membuka mata masyarakat sekitar, Islam memang Rahmatan lil Alamin.

Warga Kanada keturunan India bernama Surjit Singh Virk takjub pada perilaku seorang muslim dia temui pekan lalu, sampai-sampai mengunggah foto lelaki muslim itu di akun jejaring sosial Facebook miliknya.

Saat itu Kanada tengah hujan dan dingin. Virk naik ke sebuah bus bernomor 341 yang melintasi Kota Surrey. Di situlah kejadian yang membuat Virk diam-diam kagum pada Islam. Dia melihat pria muslim memberikan sepatu dan kaos kakinya pada seorang penumpang yang membalut kaki dengan kantong plastik.

Lelaki tak memakai alas kaki itu mengenakan kaos hitam dan jaket mengusir dingin. Tak satu pun orang mendekatinya. Hanya pria muslim itu yang mau duduk di sebelahnya. Lalu dia melepas sepatu dan kaos kaki, diluncurkannya ke arah lelaki berkaos hitam seolah tak mau orang lain melihat.

Awalnya Virk dan lelaki berkaos hitam itu berfikir si pria muslim ingin melakukan ritual keagamaan hingga mereka tercengang. “Ambillah sepatu itu. Jarak rumah saya sudah dekat. Jangan khawatir,” ujarnya.

Penerima terkejut dengan hadiah tak terduga. Virk pun menghampiri si pria muslim dan bertanya namanya, serta ingin tahu kenapa dia mau memberi pada orang yang tidak dikenal.

Di luar dugaan Virk, si pria muslim tak mau memberikan namanya. Dia juga bilang, berbuat baik haruslah rahasia dan tak perlu ditonjolkan. Saling tolong menolong antar manusia sudah keharusan.

“Ini yang kusebut indah. Tanpa ras, tanpa membawa agama. Sangat luar biasa,” ujar Virk.

loading...

Bacaan Terkait: