Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Kisah-kisah Tragis Manusia Dimangsa Hewan Buas di Kebun Binatang

Kategori Dunia: International


Kisah-kisah Tragis Manusia Dimangsa Hewan Buas di Kebun Binatang. Beberapa waktu lalu sempat ramai diperbincangkan peristiwa seekor gorila di sebuah kebun binatang di Cincinnati, Amerika Serikat harus ditembak mati lantaran ada balita terjatuh dan masuk ke dalam area berbahaya di dekat gorila itu. Gorila itu sebetulnya tidak menyakiti si balita tapi petugas kebun binatang tidak mau mengambil risiko. Akhirnya gorila itu harus dibunuh demi menyelamatkan si balita.

Kejadian itu mengundang pro dan kontra. Sebagian menyesalkan mengapa gorila itu sampai harus ditembak mati padahal dia tidak menyakiti di balita. Sebagian lagi mendukung tindakan petugas kebun binatang.

Beruntung memang si balita tidak menderita luka serius atau dimangsa oleh si gorila. Namun tidak demikian yang terjadi pada kelima orang berikut ini. Lima orang di bawah ini tewas akibat dimangsa hewan buas di kebun binatang. Seperti apa tragisnya nasib mereka? Ikuti ulasannya berikut ini:

Kisah Penjaga kebun bintang di Korea Selatan tewas diserang singa

Seorang penjaga kebun binatang di Korea Selatan tewas diserang singa saat di dalam kandang.

Pria, yang diketahui bernama Kim, 50, ditemukan mengalami pendarahan di leher dan kakinya di Kebun Binatang Children’s Grand Zoo Park, Seoul, setelah diserang oleh seekor singa jantan. Pria tersebut sedang memasang sebuah alat di kandang ketika ia diserang.

“Dia menderita luka parah ketika penyelamat tiba,” kata seorang sumber di Gwangjin Fire Station, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Jumat (13/2/2015).

Ia dinyatakan meninggal di rumah sakit beberapa jam kemudian. Kebun binatang itu sementara ditutup sejak pekan lalu karena khawatir akan wabah flu burung yang sedang melanda.

“Singa telah diisolasi tapi aku tidak yakin apa yang terjadi pada singa itu,” kata penjaga lain yang tidak mau disebutkan namanya.

Kebun Binatang Children’s Grand Zoo Park dihuni lebih dari 600 hewan dan lebih dari 100 spesies.

Diterkam harimau, penjaga kebun binatang ini meregang nyawa

Polisi Inggris hari ini mengatakan seorang penjaga kebun binatang tewas setelah mendapat serangan dari seekor harimau. Korban meninggal setelah mengalami luka parah.

Situs asiaone.com melaporkan, Sabtu (25/5/2013), penjaga kebun binatang bernama Sarah McClay kemarin diserang oleh seekor harimau saat berada di dalam kandang harimau di Kebun Binatang South Lakes Wild Animal Park di Kota Dalton-in-Furness, Wilayah Cumbria, di Barat Laut Inggris.

Perempuan 24 tahun itu berasal dari daerah setempat. Dia langsung dilarikan dengan menggunakan helikopter ke sebuah rumah sakit, setelah insiden penyerangan. Namun, nyawanya sudah tidak dapat diselamatkan setelah mendapat perawatan.

Kepolisian Cumbria Constabulary dan polisi setempat sedang menyelidiki seputar peristiwa mengenaskan itu.

Polisi mengatakan harimau itu langsung dikunci dalam kandangnya sesudah kejadian. Polisi juga menjelaskan tidak ada pengunjung yang berada dalam kondisi berbahaya selama kejadian.

Taman satwa liar kemudian ditutup lebih awal dan semua pengunjung langsung diminta untuk meninggalkan kebun binatang.

Polisi mengatakan keluarga McClay sangat terkejut dan terpukul. Mereka juga meminta privasi lantaran sedang berduka.

Lompat ke kandang harimau, pria India tewas dicabik-cabik

Seorang pria India berusia sekitar 20an tahun tewas usai melompat ke dalam sebuah kandang harimau langka di Kebun Binatang New Delhi hari ini. Pria diduga sedang dalam keadaan mabuk itu tewas dicabik-cabik harimau.

Saksi mengatakan pria itu tetap memaksa mendekati kandang harimau meski petugas keamanan kebun binatang sudah mencoba mencegahnya, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Selasa (23/9/2014).

Ketika dia melompat ke dalam kandang, harimau besar itu langsung menyergap lehernya. Orang-orang yang menyaksikan kejadian itu langsung melempari harimau itu dengan kayu dan batu untuk menyelamatkan pria itu.

Sejumlah foto diunggah ke Internet memperlihatkan harimau itu berdiri di depan mangsanya. Pria itu terlihat meringkuk berusaha melindungi kepalanya.

Seorang saksi berlari mendekati kandang setelah mendengar teriakan. Saat tiba dia melihat harimau itu sudah menggigit pria itu.

“Kami melihat harimau putih itu menggigit seorang laki-laki di bagian lehernya. Dia diserang selama 10-15 menit dan tak seorang pun menolongnya,” kata seorang saksi kepada stasiun televisi CNN-IBN.

Juru bicara Taman Nasional Zoologi Riyaz Ahmed Khan mengatakan petugas keamanan sudah memperingatkan pria itu berkali-kali untuk tidak mendekati kandang harimau. Tapi dia tetap memanjat pagar setinggi lutut itu lalu melompat ke kandang sedalam 5,4 meter.

Petugas kebun binatang akhirnya menggiring harimau itu ke kandang lebih kecil. Pria itu akhirnya dinyatakan tewas dua jam setelah diserang harimau itu.

Keluar dari mobil, perempuan ini tewas diterkam harimau di kebun binatang

Seorang perempuan tewas diserang seekor harimau Siberia di Taman Safari Badaling Ibu Kota Beijing, China. Wanita yang tewas itu melanggar protokol keselamatan karena keluar dari mobil di kawasan dihuni harimau. Insiden ini sekaligus melukai satu perempuan lain yang masih berkerabat dengan korban tewas.

BBC melaporkan, Minggu (24/7), insiden dua hari lalu itu terjadi dalam hitungan detik. Awalnya seorang perempuan berusia ditaksir 30-an membuka pintu dari sisi sopir, beralih menuju pintu sisi penumpang, mendadak seekor harimau segera menerkam lalu menyeretnya ke rerumputan.

Penumpang lelaki dan satu perempuan lain berusia lebih tua bergegas keluar, berusaha menolong. Namun perempuan tua itu kemudian ikut diserang harimau lain. Wanita hendak mencari pertolongan inilah yang justru tewas. Identitas lengkap para korban belum diumumkan ke media massa. Perempuan pengemudi mobil kini dirawat intensif di rumah sakit akibat luka-lukanya.

Dari laporan televisi lokal, dua perempuan itu sempat terlibat pertengkaran. Tak tahan adu mulut, si pengemudi akhirnya keluar mobil. Dari rekaman CCTV, terlihat bahwa mobil pawang harimau berhasil datang ke TKP dalam waktu singkat, namun satu korban terlanjur dicabik-cabik hewan karnivora itu sehingga cuma bisa menyelamatkan satu korban. Penumpang laki-laki dan satu anak-anak di mobil itu selamat.

Pria ini rela dimangsa harimau Bengali

Petugas kebun binatang Chengdu di Provinsi Sichuan, China, harus berusaha menyelamatkan laki-laki bernama Yang Jinhai, 27 tahun, karena dia menawarkan diri untuk dimakan oleh seekor harimau di kebun binatang itu.

Yang sebelumnya sudah menulis pesan di Internet tentang betapa optimisnya dia untuk memulai pekerjaan baru sebagai penjaga kebun binatang Chengdu, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Senin (17/2).

Namun setelah menjalani pekerjaannya Yang merasa jenuh dan memutuskan pindah kerja di perusahaan percetakan. Di tempat kerja barunya itu ternyata Yang juga tidak bertahan lama dan berhenti kerja.

Setelah berjalan-jalan di kebun binatang Chengdu dia menulis sebuah pesan putus asa dengan menyebutkan betapa harimau yang luar biasa di kebun binatang itu harus dikurung di dalam kandang sehingga tidak bisa merasa bebas berburu dan memangsa.

Yang kemudian mengumumkan dia akan mengorbankan diri buat menjadi mangsa dari harimau itu supaya harimau itu bisa bertahan hidup.

Pengunjung kebun binatang menyaksikan bagaimana Yang masuk ke dalam kandang untuk mengorbankan diri.

“Dia memanjat dari luar kandang lalu melompat. Harimau jantan dan betina melihat pria itu tapi yang betina malah lari ketakutan,” kata saksi bernama Feng Lin.

“Setelah memancing kemarahan harimau jantan Yang lalu diserang. Harimau jantan itu mencakar dan menggigit tubuhnya sebelum penjaga kebun binatang mengusir harimau itu dengan senapan bius.”

Para petugas kebun binatang kemudian mengeluarkan Yang dari kandang.

Keluarga Yang mengatakan kepada media bahwa dia sudah lama stres dan sedang menjalani perawatan dengan psikiater.

loading...

Bacaan Terkait: