Koleksi Kata-kata Bijak Tentang Kejujuran  | Dunia Baca dot Com

You are here:

Koleksi Kata-kata Bijak Tentang Kejujuran

Capai Sukses  

Kumpulan kata-kata bijak tentang kejujuran. Kejujuran merupakan salah satu modal yang paling istimewa dalam mengarungi kehidupan. Namun pada prakteknya, untuk selalu bersikap jujur tampaknya tidak semudah kita membalikkan telapak tangan. Di bawah ini adalah kumpulan kata-kata motivasi, kata bijak tentang kejujuran yang dapat Anda jadikan motivasi untuk selalu bersifat jujur.


Kejujuran adalah perhiasan jiwa yang lebih bercahaya daripada berlian


Ali bin Abi Thalib berkata, “ Dengan kejujurannya, orang yang jujur akan menduduki posisi yang tidak akan didapatkan orang – orang yang berbohong dengan kebohongannya.”

Pesan Sponsor

Ibnu Hibban berkata, “Kejujuran akan mengangkat derajat seseorang di dunia dan akherat, sebagaimana kebohongan akan menjatuhkan seseorang di dunia dan akherat.”


Orang bijak berkata, “Hendaklah kalian senantiasa jujur. Tidaklah pedang tajam di genggaman laki – laki yang gagah berani lebih mulia daripada kejujuran. Kejujuran merupakan kemuliaan, meski engkau membencinya. Dan kebohongan adalah sebuah kehinaan, meski engkau menyenanginya. Barangsiapa yang memahami hakekat kebohongan, maka dia akan menaruh perhatian terhadap kejujuran.”


Salah seorang ahli retorika mengatakan, “Orang yang jujur terlindungi lagi dicintai, sementara orang yang berbohong terhina lagi direndahkan.”


Salah seorang sastrawan berkata, “Tidak ada pedang seperti kebenaran dan tidak ada pertolongan seperti kejujuran.”


Orang bijak mengatakan, “Kejujuran merupakan kemuliaan sementara kebohongan adalah kehinaan.”


Asy-Sya’bi menyatakan, “Hendaklah engkau jujur meski hal tersebut merugikanmu, namu kejujuran sangat bermanfaat bagimu. Dan jauhilah kebohongan meski ia menguntungkanmu, namun sejatinya kebohongan merugikanmu.”


Tharaf bin Tharif menegaskan, “Tidaklah akan membahagiakanku jika aku berbohong meski dengan kebohonganku aku mendapatkan dunia seisinya,”


Imam Asy-Syafi’i berkata, “Perangkat kepemimpinan ada lima; Jujur dalam bertutur, menyembunyikan rahasia, menepati janji, selalu memberi nasehat, dan memenuhi amanat.”


Umar bin Khatab menyatakan, “Hendaklah engkau senantiasa jujur, meski dengannya engkau dapat terbunuh. “Umar juga berkata, “Seandainya kejujuran merendahkanku, dan sedikit yang bisa dilakukan, maka hal tersebut lebih aku cintai dari kebohongan yang dapat menaikkan posisiku, meski sedikit yang bisa dilakukan.”


Umar bin Abdul Aziz berkata, “Aku tidak pernah berbohong lagi semenjak aku mengetahui bahwa itu memberi cela kepada pelakunya.”


Imam Al-Auza’I menyatakan, “Demi Allah, meskipun ada suara dari langit yang mengatakan bahwa berbohong itu halal, maka aku tetap takkan berbohong.”


Yusuf bin Asbath menyatakan, “Berdiam diri semalaman untuk berinteraksi bersama Allah dengan kejujuran lebih aku cintai daripada bertarung dengan dengan pedangku di jalan Allah.”


Abu Sulaiman mengatakan, “Jadikanlah kejujuran sebagai kendaraanmu, kebenaran sebagai senjatamu dan Allah sebagai tujuan hidupmu.”


Penyair berkata, Hendaklah engkau jujur meski ia memkakarmu dengan api ancaman


Itulah beberapa kumpulan kata-kata bijak tentang kejujuran dari para tokoh, yang duniabaca.com kutip dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

Posted by         0 Responses
   

Tidak ingin ketinggalan Informasi?

Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

*Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

 

No Comment to “Koleksi Kata-kata Bijak Tentang Kejujuran”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
NOTE:
* Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

Aug
8
2011
 

Kategori Bacaan