loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Kupas Tuntas Masalah Kanker Payudara

Kategori Dunia: Penyakit
Loading...

Kanker PayudaraGejala Kanker PayudaraPenyebab Kanker Payudara. Kangker payudara merupakan jenis penyakit kanker dengan jumlah penderita terbanyak nomor dua di dunia. Sedangkan dari tingkat kematian, jenis kangker ini menyebabkan kematian nomor lima terbesar di dunia. Jenis penyakit ini memang sangat mengerikan seperti halnya penyakit kanker serviks maupun kanker paru-paru.

Dalam Ensiklopedia bebas bahasa indonesia dijelaskan, Kanker Payudara adalah kanker yang terjadi pada jaringan payudara. Kanker jenis ini umumnya terjadi pada kaum wanita. Meski kaum pria juga bisa terkena kanker payudara, namun kemungkinannya sangat kecil.

Adapun pengobatan kanker payudara dapat dilakukan dengan pembedahan, dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi. Namun sekarang ini ada banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk mengobati kanker payudara, mulai dari medis sampai pengobatan alternatif. Jadi, bagi Anda yang sudah divonis menderita kanker payudara, jangan putus asa! Karena semua penyakit pasti ada obatnya. Yang terpenting adalah kita berusaha untuk mengobati, mencegah serta mengetahui penyebab terjadinya kanker payudara dll.

OK… sesuai dengan judul diatas, berikut ini DB kutip dari berbagai sumber tentang kanker payudara. Dan inilah Kupas Tuntas Seputar Kanker Payudara selengkapnya.

Gejala, Ciri-ciri, dan atau Tanda Kanker Payudara

Tanda awal dari kanker payudara adalah ditemukannya benjolan yang terasa berbeda pada payudara. Jika ditekan, benjolan ini tidak terasa nyeri. Awalnya benjolan ini berukuran kecil, tapi lama kelamaan membesar dan akhirnya melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau puting susu.

Berikut adalah hal-hal yang merupakan gejala kanker payudara, ciri-ciri kanker payudara:

  • Benjolan pada payudara anda berubah bentuk / ukuran
  • Kulit payudara berubah warna: dari merah muda menjadi coklat hingga seperti kulit jeruk
  • Puting susu masuk ke dalam (retraksi)
  • Salah satu puting susu tiba-tiba lepas / hilang
  • Bila tumor sudah besar, muncul rasa sakit yang hilang-timbul
  • Kulit payudara terasa seperti terbakar
  • Payudara mengeluarkan darah atau cairan yang lain, padahal Anda tidak menyusui

Tanda kanker payudara yang paling jelas adalah adanya borok (ulkus) pada payudara. Seiring dengan berjalannya waktu, borok ini akan menjadi semakin besar dan mendalam sehingga dapat menghancurkan seluruh payudara. Gejala lainnya adalah payudara sering berbau busuk dan mudah berdarah.

Sedangkan untuk gejala kanker payudara stadium lanjut, sebagaimana yang dilansir wikipedia, Kanker payudara lanjut sangat mudah dikenali dengan mengetahui kriteria operbilitas Heagensen sebagai berikut:

  • Terdapat edema luas pada kulit payudara (lebih 1/3 luas kulit payudara);
  • Adanya nodul satelit pada kulit payudara;
  • Kanker payudara jenis mastitis karsinimatosa;
  • Terdapat model parasternal;
  • Terdapat nodul supraklavikula;
  • Adanya edema lengan;
  • Adanya metastase jauh;
  • Serta terdapat dua dari tanda-tanda locally advanced, yaitu ulserasi kulit, edema kulit, kulit terfiksasi pada dinding toraks, kelenjar getah bening aksila berdiameter lebih 2,5 cm, dan kelenjar getah bening aksila melekat satu sama lain.

Sejumlah tanda di atas memang merupakan ciri-ciri kanker payudara. Walaupun demikian, jika Anda mengalami satu atau lebih hal di atas, belum tentu Anda menderita kangker payudara. Cobalah periksakan diri Anda ke dokter dan lakukan tes mammografi. Nanti dokter akan menganalisa mammogram yang dihasilkan dan memberikan saran untuk Anda.

[ Kembali ke atas ]

Penyebab Kanker Payudara

Sel kanker merupakan sel yang mengalami pertumbuhan abnormal. Begitu juga dengan sel kanker payudara, sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab spesifik kanker payudara. Walaupun demikian, terdapat sejumlah faktor yang diperkirakan mempunyai pengaruh terhadap terjadinya kanker payudara, antara lain:

  • Perubahan sifat pertumbuhan sel payudara menjadi ganas
  • Tubuh gagal membangun sistem pertahanan tubuh
  • Faktor gizi yang buruk pada makanan yang dimakan
  • Penggunaan hormon estrogen (misalnya pada pengguna terapi estrogen replacement)
  • Payudara yang sering diremas / dipencet
  • Minum alkohol dan merokok
  • Obesitas pada wanita setelah menopause: diet berpengaruh terhadap keganasan sel kanker
  • Konsumsi lemak dan serat
  • Radiasi ionisasi selama atau sesudah pubertas; tergantung dosis dan umur saat terkena paparan radiasi
  • Faktor genetik dan riwayat keluarga (hubungan dengan gen tertentu)

Ada begitu banyak kemungkinan penyebab kanker payudara, dan mungkin saja perkembangan sel kanker tersebut dipicu oleh kombinasi beberapa faktor di atas. Yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan hal-hal yang disebutkan di atas dan selalu waspada. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap payudara Anda untuk deteksi dini adanya kanker.

[ Kembali ke atas ]

Pencegahan kanker payudara

  1. Pencegahan primer.
    Merupakan promosi kesehatan yang sehat. Yaitu melalui upaya menghindarkan diri dari Faktor Risiko diatas serta melakukan pola hidup sehat. Termasuk juga dengan pemeriksaan payudara sendiei alias SADARI.
  2. Pencegahan sekunder
    Dilakukan pada wanita yang memiliki risiko terkena kanker payudara. Yaitu dengan melakukan deteksi dini dengan via skrining mammografi yang diklaim memiliki 90% akurat. Skrining berlaku untuk wanita usia 40 tahun keatas, wanita yang harus rujuk skrining setiap tahun dan wanita normal yang harus rujuk skrining tiap 2 tahun sekali hingga usia 50 tahun.
  3. Pencegahan tertier
    Dilakukan pada wanita yang positif menderita kanker payudara. Ini penting untuk meningkatkan kualitas hidup serta mencegah komplikasi penyakit. Bisa berupa operasi, kemoterapi sitostatika. Pada stadium tertentu hanya berupa simptomatik dan pengobatan alternatif.

[ Kembali ke atas ]

Pengobatan Kanker Payudara

  1. Mastektomi atau operasi pengangkatan payudara. Baik pengangkatan total payudara dan benjolak di ketiak, pengankatan payudara saja maupun pengangkatan sebagian pada bagian yang terdapat kanker saja.
  2. Radiasi yaitu proses penyinaran dengan sinar X dan sinar gamma pada bagian yang terkena kanker. Ini berfungsi untuk membunuh sel kanker yang masih tersisa setelah operasi.
  3. Kemoterapi yaitu pemberian obat-obatan anti kanker. Baik obat dalam bentuk pil cair/kapsul maupun melalui infus untuk membunuh sel kanker.

Itulah Kupas Tuntas Kanker Payudara yang dapat DB share. Mudah-mudahan dengan adanya artikel kesehatan ini, para pembaca semua khususnya kaum wanita jadi lebih menjaga diri dan selalu menjaga kesehatan. Adapun untuk informasi lebih lanjut seputar kanker payudara, Anda bisa menghubungi dokter terdekat.

Silakan bergabung di Facebook Fanspage dan atau langganan artikel via email untuk mendapatkan update terbaru artikel-artikel menarik lainnya dari DB. Semoga bermanfaat.

[ Kembali ke atas ]

Refferensi:

    1. id.wikipedia.org
    2. kankerpayudara.org
    3. ingateros.com

[ Kembali ke atas ]

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: