Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Lelang, Buku Panduan Seks Warisan Aristoteles

Kategori Dunia: International, PASUTRI

Powered by: id.neuvoo.com

Buku Panduan Seks Warisan AristotelesKamasutra Aristoteles. Sebuah buku kuno berisi panduan tentang serba-serbi seks karangan ahli filsafat Aristoteles akan segera dilelang di Inggris.

Menariknya, buku ini pernah dicekal selama 200 tahun karena pada masa tersebut dianggap terlalu vulgar. Buku Panduan Seks yang berjudul Aristotle’s Compleat Master-Piece ini pertama kali muncul tahun 1680 dan membahas berbagai hal seputar seks termasuk bagaimana caranya agar bisa hamil.

Sayangnya buku ini dicekal pada pertengahan abad ke-18 dan menjadi buku terlarang hingga tahun 1960-an.

Salah satu edisi yang dicetak tahun 1760-an diharapkan laku seharga 400 pound sterling atau sekitar Rp 6,3 juta saat dilelang di rumah lelang Lyon and Turnbull, Edinburgh. Diyakini peminat buku kuno ini akan sangat banyak karena isinya yang kontroversial.

“Ini bacaan yang menyenangkan. Menceritakan sesuatu yang menakjubkan tentang perubahan perspektif soal seks,” kata seorang ahli buku, Cathy Marsden seperti Dunia Baca dot Com sadur dari laman detikHealth yang dikutip dari Telegraph.

Diyakini, buku ini awalnya ditujukan sebagai panduan bagi para bidan serta pasangan baru menikah yang ingin punya anak. Di dalamnya juga ada banyak penjelasan mendetail tentang konsekuensi dari hubungan seks yang dilakukan oleh pasangan yang tidak menikah.

Marsden mengatakan buku ini kemungkinan dicekal pada pertengahan abad ke-18 karena pada masa tersebut isi buku ini dianggap terlalu vulgar untuk diperjualbelikan. Tahun 1961, buku ini masih dicekal di Inggris meski sudah bisa dibeli di Selandia Baru.

Gambar-gambar yang ada di buku tersebut menurut Marsden juga termasuk salah satu alasan mengapa buku tersebut dicekal pada masa itu. Bagi orang modern mungkin tidak ada yang aneh, tetapi saat itu seks masih dianggap sebagai hal yang sangat tabu.

“Untuk mata kita tidak ada yang vulgar. Ada gambar bayi dalam kandungan dan juga tubuh perempuan yang terbelah hingga bayinya kelihatan,” kata Marsden.

Buku yang akan dilelang di rumah lelang Lyon and Turnbull ini diperkirakan dicetak tahun 1766. Acara lelangnya sendiri akan belangsung di Edinburgh pada Rabu 16 Januari 2013.

loading...

Bacaan Terkait: