Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Kategori Dunia: Kecantikan, Obat-obatan

5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh. Kunyit tak hanya bisa digunakan sebagai pelezat masakan. Jenis rempah-rempah ini juga berkhasiat menyembuhkan dan menjaga kesehatan Anda secara holistik.

Berikut adalah berbagai manfaat atau khasiat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan tubuh, seperti Dunia Baca dot Com lansir dari laman detikcom yang dikutip dari iDiva.

Menyembuhkan Luka Bakar Ringan
Kunyit bisa membantu mempercepat penyembuhan pada luka tersayat dan luka bakar ringan. Selain itu, kunyit juga memberi efek sejuk dan menenangkan kulit yang terluka. “Kunyit bersifat sebagai antiseptik yang mencegah luka semakin parah karena infeksi bakteri,” ujar Dr Deepali Shastri, pakar pengobatan ayurveda asal Mumbai.

Campur kunyit yang sudah diparut dengan air bersih sampai terbentuk seperti pasta. Lalu tempelkan pada bagian yang terkena luka. Sebaiknya diaplikasikan dua kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.

Melegakan Pernapasan
Pernapasan yang terasa sesak karena tersumbat dahak bisa diatasi dengan susu yang dicampur sedikit kunyit. Menurut Dr Shastri, “Kunyit melegakan pernapasan dengan berfungsi sebagai anti peradangan. Dia juga bagus untuk mengatasi pembengkakan di organ internal.”

Melangsingkan Tubuh
Kunyit membantu mengatasi masalah pencernaan, dan berdampak pada penurunan berat badan yang lebih efektif. Semantara itu curcumin, semacam zat fenol yang terkandung dalam kunyit membantu menjaga jaringan lemak tetap dalam jumlah minimum. Untuk menurunkan berat badan, Anda tidak harus memakan kunyit mentah-mentah setiap hari. Tapi bisa dijadikan minuman atau bumbu dalam masakan.

“Kunyit mempercepat lemak untuk dicerna dan bisa membakar kalori lebih banyak,” jelas Dr Vinay Varma yang juga seorang dokter ayurveda.

Mengurangi Risiko Sakit Jantung
Mengonsumsi kunyit setiap hari dalam jumlah yang cukup bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Kunyit berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga menstabilkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kunyit juga melancarkan sirkulasi darah sehingga jantung pun menjadi sehat.

Baik untuk Kecantikan Kulit
“Kunyit bisa memperbaikin jaringan kulit yang rusak dan mengembalikan kemilau sehat kulit,” ujar Dr Shastri. Selain itu juga menghilangkan lingkatan gelap bawah mata dan menstabilkan produksi minyak sehingga kulit tidak terlalu terasa lengket dan mengkilap. Satu lagi manfaatnya, kunyit juga membuat produksi melanin lebih stabil sehingga kulit tampak lebih cerah dan sehat merona.

Pembaca, itulah 5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh, Semoga bermanfaat bagi para pembaca semua.

loading...

Bacaan Terkait: