Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Mendadak dapat Panggilan Interview Kerja? Inilah Cara Menghadapinya

Kategori Dunia: Karir Pekerjaan

Powered by: id.neuvoo.com

Tips Cara Menghadapi Inverview Dadakan. Saat masih mencari pekerjaan, Anda dituntut untuk selalu siap menghadapi panggilan wawancara. Toh, biasanya panggilan wawacara dijadwalkan untuk beberapa hari ke depan.

Anda pun masih punya waktu untuk mempersiapkan segala keperluannya. Tetapi bagaimana jika Anda menerima panggilan wawancara secara mendadak?

Pastikan CV selalu siap

CV dalam bentuk fisik (hard copy) akan selalu dibutuhkan ketika Anda datang ke wawancara pekerjaan. Tak masalah kalau Anda masih punya waktu untuk mencetak CV di rumah. Tetap ketika panggilan wawancara dadakan datang tiba-tiba, atau Anda diminta walk in interview, ada kemungkinan Anda tak sempat menyiapkan berkas-berkas CV dalam bentuk fisik.

Kebanyakan orang hanya menyimpan CV di komputer. Agar lebih efektif, biasakan untuk selalu menyimpan CV Anda dalam bentuk soft copy dan menyimpannya dalam flashdisk pribadi Anda. Cara ini akan memudahkan Anda jika sewaktu-waktu mendapat panggilan wawancara mendadak.

Siapkan pakaian cadangan
Anda tak akan pernah tahu kapan akan mendapat panggilan wawancara kerja. Bisa jadi hari itu juga Anda dipanggil wawancara. Kalau sudah begini, Anda harus siap sedia untuk memberi performa yang maksimal. Tak hanya siap dengan berkas-berkas CV dan menjawab pertanyaan dari pewawancara, tapi juga menunjukkan penampilan yang meyakinkan.

Walaupun Anda ada di rumah dan lebih bebas pilih pakaian, kadang panggilan wawancara yang mendadak bisa membuat Anda kebingungan memilih busana yang pantas dikenakan dan mewakili siapa diri Anda. Segera siapkan busana yang mencerminkan profesionalitas -business attire- yang akan digunakan untuk wawancara, mulai baju sampai celana dan tasnya. Akan lebih baik jika Anda punya cadangan lebih dari satu pasang baju.

Buat daftar perusahaan
Saat membuat aplikasi pekerjaan, seringkali Anda hanya membuatnya saja tanpa mengingat kemana saja surat lamaran telah Anda kirimkan. Buatlah daftar pekerjaan dan perusahaan yang sudah Anda kirimi lamaran pekerjaan, dari nama perusahaan, alamat, jabatan yang dilamar, dan kapan Anda mengirimkannya. Daftar ini berguna untuk membantu Anda mengingatkan kembali posisi yang Anda tuju, dan segala hal yang harus Anda persiapkan.

Riset
Sekalipun dadakan, bukan berarti Anda bisa datang begitu saja untuk wawancara. Selalu lakukan riset tentang jenis pekerjaan yang Anda lamar. Gunakan aplikasi dari ponsel Anda untuk mencari tahu semua informasi yang Anda butuhkan tentang perusahaan tersebut. Pengetahuan dasar tentang job description pekerjaan yang Anda incar dan latar belakang perusahaan yang bersangkutan akan sangat membantu Anda dalam wawancara.

Ingat tanggal
Saat sedang panik dan tegang bisa jadi Anda justru melupakan banyak hal, termasuk tanggal Anda melamar pekerjaan. Sebaiknya, lirik sebentar resume yang pernah dikirim untuk mengetahui kapan Anda melamar suatu pekerjaan. Mungkin hal ini terlihat sangat sepele, tapi bagi pewawancara bisa menunjukkan antusiasme, keseriusan, dan juga daya ingat Anda.

loading...

Bacaan Terkait: