Mengapa Sering Mengantuk | Dunia Baca dot Com

You are here:

Mengapa Sering Mengantuk

Capai Sukses  

Kenapa Sering Mengantuk. Tahukah Anda? bahwa manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Sebelum Anda tidur dan / atau tertidur, biasanya Anda akan mengalami hawa ngantuk terlebih dahulu. Baik itu di malam hari maupun siang hari saat Anda kerja.

Mengapa Sering Mengantuk? Mungkin pertanyaan inilah yang sering terlintas di benak Anda, ketika Anda selalu mengantuk saat beraktifitas meskipun semaleman suntuk sudah tidur. Untuk menjawab pertanyaan tersebut “Kenapa Sering Mengantuk?” berikut ini duniabaca.com share Alasan kenapa sering mengantuk yang perlu Anda ketahui sebagaimana yang dilansir oleh Tabloid Reformata Online.

dr. Stephanie Pangau, MPH Bu dokter, saya seorang wanita usia 29 tahun, dan belum menikah, mau bertanya: Kenapa ya belakangan ini (terutama 3 bulan terakhir) saya sering merasa lebih cepat lelah dan lemas tidak bertenaga. Keadaan ini terasa lebih parah lagi kalau saya lagi haid. Biasanya saya haid rata–rata 5 hari dan keluarnya cukup banyak. Setelah saya ke dokter dan dilakukan pemeriksaan laboratorium, ternyata ”hb” (hemoglobin) saya hanya 9,5 gr/dl, dan dokter yang memeriksa mengatakan kalau saya kekurangan darah dan harus makan vitamin dan makanan bergizi yang mengandung lebih banyak zat besi (Fe) karena badan saya kurus (memang saya malas makan sehingga berat badan saya kurang 5 kg dari berat badan yang seharusnya bagi saya). Pertanyaan saya: 1. Buat apa sih Dok, tubuh memerlukan zat besi? 2. Sebenarnya berapa banyak zat besi yang dibutuhkan seorang perempuan dewasa setiap hari? 3. Apa sebabnya kalau ”hb” rendah saya menjadi cepat merasa lelah dan lemas? 4. Makanan apa saja yang bergizi dan mengandung banyak zat besi? Yohana Cikarang, Bekasi

ZAT besi itu sangat dibutuhkan tubuh terutama sebagai unsur inti penghasil hemoglobin (hb) yang didapat pada sel–sel darah merah yang sangat penting untuk membawa O2 (oksigen) dari paru–paru menuju seluruh bagian tubuh yang lain. Zat besi ini sangat diperlukan dalam menjalankan fungsi tubuh , maka supaya seseorang bisa tetap sehat, dia memerlukan sekitar 5– 8 mg zat besi dari makanannya. Bagi perempuan yang setiap bulan akan kehilangan sebagian zat besinya misalnya oleh karena haid yang dialaminya maka mereka akan memerlukan zat besi 2 kali lebih banyak daripada yang dibutuhkan laki–laki.

Pesan Sponsor

Pada wanita hamil atau yang sedang menyusui, perlu zat besi yang lebih banyak lagi yaitu kira–kira 35 mg setiap harinya sehingga dianjurkan selain makanan juga minum vitamin yang mengandung zat besi setiap harinya. Bila jumlah zat besi dalam tu-buh rendah, ma-ka jumlah ”hb” akan turun se-hingga tubuh akan kekurangan O2 (oksigen) padahal O2 tersebut sangat dibutuhkan oleh semua sel tubuh untuk membakar “bahan bakar” dan menghasilkan energi atau tenaga. Itu sebabnya bila ”hb” turun (yang normalnya pada perempuan sekitar 12 – 15 gr/dl ) maka sebagai akibatnya akan timbul gejala lekas lelah dan lemas seperti kasus Anda, hal ini harus segera diatasi supaya jangan menyebabkan kelainan yang lebih jauh bagi fungsi tubuh termasuk dapat menyebabkan kelainan pada jantung. Gejala lain pada orang dengan ”hb” rendah adalah sering merasa seperti tertusuk jarum pada lengan dan kaki, jantung berdebar–debar, kuku jari yang tidak normal dan pusing. Zat besi dapat ditemukan dalam daging unggas, telur, biji–bijian, ikan, sayur, daging merah, hati, kerang, kacang–kacangan, gandum dan lain–lain. Khusus untuk kasus Anda, sebaiknya berkonsultasi ke dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam untuk bisa cepat diketahui akar masalahnya dan diobati dengan tepat.

Tips Solusi Agar Tidak Sering Ngantuk.

  1. Tidur di awal malam dan bangun pagi hari.
  2. Tidur miring di sisi sebelah kanan.
  3. Olahraga teratur (terutama pagi hari).
  4. Makan secara teratur dan bergizi serta jangan terlalu kenyang saat makan.
  5. Berbekam sebulan sekali.
  6. Perbanyak dan memperlama sujud.
  7. Memperbanyak puasa sunah.

Posted by         2 Responses
   

Tidak ingin ketinggalan Informasi?

Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

*Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

 

2 Comments to “Mengapa Sering Mengantuk”

  1. Eben says:

    PERTAMA X

  2. ian says:

    terima kasih banyak artikelnya sangat membantu

Page 1 of 11
NOTE:
* Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

Oct
24
2011
 

Kategori Bacaan
online pharmacy viagra #@] order zithromax
online pharmacy generic levitra