Pelaksanaan Manajemen Supervisi Kepala Sekolah Dalam Rangka Pemberdayaan Pegawai | Dunia Baca dot Com

You are here:

Pelaksanaan Manajemen Supervisi Kepala Sekolah Dalam Rangka Pemberdayaan Pegawai

Capai Sukses

Referensi Skripsi Manajemen Pendidikan - Supervisi sering dikatagorikan sebagai sebuah pengawasan dapat didefinisikan sebagai proses untuk menjamin bahwa tujuan-tujuan organisasi dan manajemen. Ini berkenaan dengan cara-cara membuat kegiatan-kegiatan sesuai yang direncanakan. Pengertian ini menunjukan adanya hubungan yang sangat erat antara perencanaan dan pengawasan. Seperti terlihat dalam kenyataan, langkah awal proses pengawasan adalah perencanaan, penetapan tujuan, estándar atau sasaran pelaksanaan atau suatu kegiatan. Sehingga terkadang sulit untuk membedakan antara rencana, estándar dan pengawasan, maka perlu dipahami terlebih dahulu pengertian-pengertian pengawasan. Fungsi pengawasan manajemen juga berhubungan erat dengan fungsi-fungsi manajerial lainnya.

Harold Koonts dan Cyrill O’Donnel, menyatakan bahwa pengawasan adalah pengukuran, dan koreksi atas pelaksanaan kerja dengan maksud untuk mewujudkan kenyataan atau menjamin bahwa tujuan-tujuan organisasi dan rencana yang disusun dapat atau telah dilaksanakan dengan baik. Sementara Ibrahim Lubis menyatakan pengawasan adalah kegiatan manajer yang mengusahakan agar pekerjaan-pekerjaan terlaksana sesuai dengan rencana yang ditetapkan dan atau dengan hasil yang dikehendaki.

James A.F. Stonner menyatakan Manajemen Kontrol adalah proses seorang manager yakin bahwa kegiatannya sesuai dengan kegiatan yang direncanakan. Sementara pengawasan yang dikemukakan oleh Robert J. Mockler berikut ini telah memperjelas unsur-unsur esencial proses pengawasan: Pengawasan manajemen adalah suatu usaha sistematik untuk menetapkan estándar pelaksanaan dengan tujuan-tujuan perencanaan, merancang sistem informasi unpan balik, membandingkan kegiatan nyata dengan estándar yang telah ditetapkan sebelumnya, menentukan dan mengukur penyimpangan-penyimpangan, serta mangambil tindakan koreksi yang diperlukan untuk menjamin bahwa semua sumber daya perusahaan dipergunakan dengan cara paling efektif dan efisien dalam mencapai tujuan-tujuan perusahaan.

Pesan Sponsor

Hakikat pengawasan seperti dikemukakan terdahulu pada bab sebelumnya adalah pencegahan sedini mungkin terjadinya penyimpangan, pemborosan kegiatan dalam pencapai tujuan, sehingga hasil yang diharapkan dalam pengawasan, antara lain adalah menghentikan penyimpangan, penyelewengan, dan pemborosan yang terjadi, mencegah tidak terulangnya tindakan penyimpangan, penyelewengan dan pemborosan.

Penyelenggaraan supervisi ditinjau dari sudut etimologi berasal dari kata super dan visi yang masing-masing berarti atas dan lihat sehingga menurut tata bahasa berarti melihat dari atas. Pengertian tersebut hanya bentuk kiasan yang ingin menggambarkan suatu posisi atau kedudukan dimana yang melihat lebih tinggi dari yang dilihat. Selanjutnya, istilah supervisi dilihat dalam konteks supervisi mempunyai makna yang sama dengan menilik, mengontrol atau mengawasi.

Dalam hal perlakuan supervisi itu, diterapkan di instansi atau lembaga kependidikan yakni sekolah dan digunakan untuk meningkatkan mutu pengajaran, maka supervisi yang dilakukan disebut supervisi pendidikan. Pengertian supervisi pendidikan yang lebih sederhana diartikan sebagai supervisión in an administratif process with an educational purpose. Pandangan ini menekankan bahwa supervisi merupakan proses yang melibatkan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan administrasi pengajaran. Lebih spesifik pengertian supervisi dilihat sebagai upaya memberi bantuan dalam membangun situasi mengajar yang semakin baik. Yang mana peran supervisor menjadi pemberi semangat, penolong dan saling berbagi (sharing) dari pada pengatur atau pemerintah(directing).

Sergiovanni merangkup pertanyaannya bahwa; (1) supervisi lebih bersifat proses dari pada peranan, (2) supervisi adalah suatu proses yang digunakan oleh pegawai (personalia) sekolah yang bertanggungjawab terhadap aspek-aspek tujuan sekolah dan yang bergantung secara langsung kepada pegawai (personalia) yang lain untuk menolong mereka menyelesaikan tujuan sekolah itu. Pernyataan tersebut memandang supervisi sebagai suatu proses yang terjadi antara individu tertentu (seorang yang bertanggungjawab terhadap pencapai tujuan) untuk mendorong para pegawai lainnya dalam usaha mencari dan menyelesaikan tujuan-tujuan pendidikan. Mereka ini (kepala sekolah, dan guru), saling bergantung untuk bekerja sama mencapai tujuan pendidikan. Jadi, supervisi merupakan suatu perilaku bekerja melalui orang-orang untuk mengusahakan pencapaian tujuan-tujuan sekolah.

Supervisi adalah suatu aktivitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan pegawai sekolah lainnya dalam melakukan pekerjaan mereka secara efektif. Pendapat senada dikemukakan Suharsimi, supervisi adalah kegiatan mengamati, mengidentifikasi mana hal-hal yang sudah, mana yang belum benar, dan mana pula yang tidak benar, dengan maksud agar tepat dengan tujuan memberikan pembinaan. Definisi itu menunjukan bahwa supervisi di bidang pendidikan itu merupakan suatu kegiatan yang sistematis dan terus menerus dilakukan untuk membina dan mengarahkan kerja guru dan tenaga administrasi secara efektif dalam rangka mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Sesuai dengan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor, ada beberapa prinsip dasar supervisi yang harus diterapkan yaitu, (1) pengawasan bersifat membimbing dan membantu mengatasi kesulitan; (2) bantuan dan bimbingan diberikan secara tidak langsung; (3) balikan ata usaran perlu segera diberikan; (4) pengawasan dilakukan secara periodik; (5) pengawasan dilaksanakan dalam suasana kemitraan.

Uraian di atas, menunjukkan bahwa tugas supervisi pendidikan bukanlah hanya mencari kesalahan guru, tenaga administratif dan pegawai lainnya, melainkan juga membina para guru, tenaga administrasi agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Pelaksanaan tugas yang baik adalah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Para peneliti teori pendidikan sepakat bahwa kegiatan supervisi mengubah pengajaran menjadi menjadi lebih meningkat dan senada dengan itu Olivia dalam “Supervisión for today’s School” yang dikutip oleh Neagley dan Evans, mengatakan : Supervisión is conceived as service to teachers, both as individuals and in groups. Supervisión is a jeans of offering to teachers specialized help in improving instruction”. Disini dijelaskan tugas Kepala Sekolah hádala memberi pelayanan kepada guru. Supervisi yang dilakukan hanya alat alat yang ditawarkan lepada guru khususnya dalam membantu meningkatkan pengajaran.

Dari beberapa yang dikemukakan para ahli tersebut tentang supervisi, mempunyai kesamaan, diantaranya : (1) supervisi diadakan untuk pengembangan dalam peningkatan situasi relajar mengajar, (2) supervisi sebagai statu proses selalu ditekankan pada upaya memberikan bantuan, pelayanan, memberi semangat, saling berbagi, dan menghindari tindakan yang bersifat mencari kesalahan, mengatur, memerintah dan sebagainya. Oleh karenanya dibutuhkan kemampuan seorang Kepala Sekolah dalam melaksanakan supervisi, mengingat tujuan supervisi tidak lain dari pada bagaimana meningkatkan keterampilan guru dalam pekerjaannya dan melakukan kosneling untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang diperbuat atau meningkatkan hasil-hasil yang sidah dicapai.

Disampaikan oleh Hart, Whether the supervisor’s puepose in to improve a supervisee’sskills, or to ensure accuracy, actual counselor – client interaction must be examined. Dalam hal ini kepala sekolah bukan saja meningkatkan keterampilan para guru tetapi juga dengan cermat melihat hubungan yang terjadi dalam melaksanakan bimbingan dan penyuluhan lepada para guru untuk mencari solusi permasalahannya dibidang peningkatan situasi belajar mengajar yang lebih baik.

Download Referensi Skripsi Pendidikan: Pelaksanaan Manajemen Supervisi Kepala Sekolah

Note:
* Mohon konfirmasi, jika terdapat link download yang eror

Posted by         0 Responses
   

Tidak ingin ketinggalan Informasi?

Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

*Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

 

No Comment to “Pelaksanaan Manajemen Supervisi Kepala Sekolah Dalam Rangka Pemberdayaan Pegawai”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
NOTE:
* Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

Mar
14
2011
 

Kategori Bacaan