Pendidikan Pondok Pesantren dalam Perspektif Pendidikan Islam  | Dunia Baca dot Com

You are here:

Pendidikan Pondok Pesantren dalam Perspektif Pendidikan Islam

Capai Sukses  

Pendidikan Pasantren dalam Perspektif Islam – Referensi skripsi ini sengaja duniabaca.com sediakan bagi Anda yang sedang mencari bahan referensi dalam penyusunan karya ilmiah skripsi yang berjudul Pendidikan Pondok Pesantren dalam perspektif Pendidikan Islam Indonesia. Mohon untuk diingat, bahwa referensi karya ilmiah ini tidak lain hanya untuk dijadikan sebagai bahan pengkajian, pembanding dan pengembangan yang lebih baik dalam menyusun karya ilmiah bukan untuk sebagai plagiarisme. Karena dengan adanya referensi, contoh penulisan dan materi pun semakin mudah dalam menyusun karya ilmiah. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pendidikan pondok pesantren dalam perpektif islam di Indonesia. Sangat kami sarankan, terlebih dahulu anda memahami ketentuan standar penulisan karya ilmiah.

Pondok Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan tertua yang melekat dalam perjalanan kehidupan Indonesia sejak ratusan tahun yang silam dan telah banyak memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan bangsa ini, karena itu tak heran bila pakar pendidikan sekalas Ki Hajar Dewantoro dan Dr. Soetomo pernah mencita -citakan model system pendidikan pesantren sebagai model pendidikan Nasional. Bagi mereka model pendidikan pesantren merupakan kreasi cerdas budaya Indonesia yang berkarakter dan patut untuk terus dipertahan kembangkan.

Karena banyak hal yang belum tereksplorasi dari pendidikan pondok pesantren tradisonal dalam persepktif pendidikan islam indonesia, maka penelitian ini dilakukan.

Pesan Sponsor

Secara spesifik penelitian ini bertujuan mendiskripsikan Pendidikan Pondok Pesantren Tradisional dalam Perspektif Pendidikan Islam Indonesia, mendiskripsikan visi dan misi pendidikan pondok pesantren tardisional, mendiskripsikan kurikulum pendidikan pondok pesantren tradisional, dan mendiskripsikan managemen pendidikan pondok pesantren tradisional. Hasil kajian ini diharapkan bermafaat bagi pihak pihak terkait sebagai bahan komparasi, evaluasi dan pengembangan lebih lanjut, sebagai upaya inovasi ilmiyah untuk memperbanyak kazanah keilmuan juga sebagai masukan dan bahan pertimbangan dalam melakukan kebijakan kebijakan yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan.

Mengingat penelitian ini bersifat penelitian pustaka, maka data yang diperlukan dikumpulkan melalui study dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan :
1. Bahwa dalam perspektif pendidikan Islam Indonesia, pendidikan pondok pesantren tradisional merupakan bagian tak terpisahkan dari pendidikan nasional yang memberikan pencerahan bagi peserta didik secara integral, baik kognitif (knowlagde), afektif (attucude) maupun psikomotorik (skill),
2. Bahwa visi dan misi pendidikan pondok pesantren tradisional dalam persepktif pendidikan islam indonesia adalah : Pertama, menekankan pada prinsip asasul khomsah atau panca jiwa, yakni keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukuwah islamiyah dan kebebasan. Kedua, pola relasi kiai dengan santri tidak sekedar bersifat fisikal, tetapi juga bersifat batiniyah.Ketiga, pendidikan pondok pesantren selain diarahkan pada transmisi ilmu ilmu keislaman, pemeliharaan tradisi Islam dan reproduksi ulama’, juga dimaksudkan menjadi alternatif bagi People centered development, Value oriented development, Institution development dan Self reliance and sustainability.
3. Bahwa kurikulum pendidikan pondok pesantren tradisonal saat ini tidak sekedar fokus pada kita kitab klasik (baca : ilmu agama), tetapi juga memasukkan semakin banyak mata pelajaran dan keterampilan umum, saat ini di pendidikan pondok pesantren dikhotomi ilmu mulai tidak populer.
4. Bahwa dari sisi managemen kelembagaan, di lembaga pendidikan pondok pesantren tradisional saat ini telah terjadi perubahan mendasar, yakni dari kepeminpinan yang sentralistik, hirarkis dan cenderung singgle fighter berubah menjadi model managemen kolektif seperti model yayasan.

Rekomendasi dalam skripsi ini adalah :
1. Karena peran lembaga pendidikan pondok pesantren tradisional sangat penting dalam menjawab krisis kerohanian manusia modern, atau paling tidak sebagai balance terhadap kecenderungan pola hidup hedonistik dan ketidak jujuran, maka keberadaannya perlu mendapat dukungan yang lebih serius dari semua pihak.
2. Karena kesuksesan manusia lebih banyak ditentukan oleh faktor EQ dan SQ, sedangkan SQ merupakan aspek utama yang menjadi focus dari pendidikan pondok pesantren tradisional, maka direkomendasikan kepada semua pihak untuk terus mengembangkan pendidikan hati demi memperoleh kesuksesan hidup yang hakiki.
3. Karena aktifitas pendidikan pondok pesantren tradisional sejak awal kelahirannya mampu berkembang positif di masyarakat bahkan mempunyai kontribusi vital tidak saja dalam dimensi theologis tetapi juga sosial sebagai lokomotif utama dalam pencerahan masyarakat, maka tentu saja ia merupakan hazanah dan kekayaan nasional yang patut dilestarikan di bumi nusantara tercinta ini.

Itulah abstraksi karya ilmiah skripsi tetang pendidikan Pondok Pesantren (Ponpes) dalam perspektif pendidikan islam. Dan untuk mendapatkan referensi skripsi ini secara utuh, dunibaca.com tidak mempublikasikannya semua mengingat jumlah halaman yang sangat banyak, kurang lebih 80 halaman. Tapi Anda tidak usah khawatir karena kami akan memberikan link download dan bisa di download secara gratis. Semoga dengan adanya referensi ini, anda dapat dengan mudah menyelesaikan tugas karya ilmiah. Amin.

Download Referensi Skripsi ; Pendidikan Ponpes dalam Perspektif Pendidikan Islam di Indonesia.

Posted by         2 Responses
   

Tidak ingin ketinggalan Informasi?

Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

*Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

 

2 Comments to “Pendidikan Pondok Pesantren dalam Perspektif Pendidikan Islam”

  1. Selvy says:

    Terima kasih, akhirnya saya mendapatkan referensi ini, memang saya lagi mencarinya. maksih

  2. willya says:

    alhamdulillah..ketemu juga tutorial yang bagus, heheh..makasih yah:)

Page 1 of 11
NOTE:
* Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

Feb
5
2011
 

Kategori Bacaan