Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Penyebab Bahu Sakit pada Ibu Hamil

Kategori Dunia: Kehamilan, Penyakit

4 Penyebab Bahu Terasa Sakit pada Ibu Hamil. Bagi wanita hamil, bahu terasa sakit adalah hal yang lumrah dan wajar-wajar saja. Pasalnya, menurut penelitian, sekitar 40 persen wanita hamil mengalami rasa tak nyaman pada bahu saat hamil (Baca: Tips Wanita Hamil).

Hal ini tak terlalu mengejutkan karena bahu adalah bagian tubuh yang sering digunakan. Selain itu, ketika hamil wanita juga mengalami banyak perubahan postur tubuh dan hormon yang memicu rasa sakit pada bagian tubuh (Baca: Perubahan Tubuh Wanita Hamil)

Nah… untuk mengetahui penyebabnya, berikut Dunia Baca dot Com share beberapa penyebab yang membuat bahu wanita hamil terasa sakit atau tidak nyaman.

  1. Zat Kimia dalam Tubuh
    Ketika mendekati saat kelahiran, tubuh wanita mengeluarkan zat kimia untuk membuat otot-otot tubuh lebih santai. Ketika otot tubuh mengendur, cedera lebih mungkin terjadi. Bertambahnya berat badan dan postur tubuh yang buruk juga menyebabkan tekanan pada bahu. Wanita hamil harus memperhatikan postur tubuhnya yang benar. Begitu juga ketika berolahraga, sebaiknya wanita menghindari luka pada otot.
  2. Posisi Tidur
    Pada trimester kedua dan ketiga, wanita disarankan untuk tidur menghadap kiri. Hal ini untuk meningkatkan aliran darah ke plasenta serta membantu efisiensi kerja ginjal. Meski begitu, sebaiknya wanita tidak tidur hanya dalam satu posisi. Menghabiskan malam hanya dengan menghadap ke kiri bisa menyebabkan rasa sakit pada bahu. Wanita hamil bisa mencoba tidur telentang menggunakan bantal hamil atau posisi yang berubah-ubah (Baca: Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil)
  3. Masalah Pencernaan
    Selama kehamilan, proses pencernaan menjadi semakin lambat dan mengakibatkan sisa-sisa pembuangan mengendap di kandung kemih. Jika dibiarkan ini bisa menyebabkan kencing batu. Kencing batu biasanya ditandai dengan rasa sakit pada bagian perut dan pundak bagian kanan. Konstipasi, luka lambung, dan gas juga bisa menyebabkan rasa sakit yang sama. Sebaiknya wanita hamil menghindari makanan pedas dan berlemak.
  4. Pre-eclampsia
    Pre-eclampsia adalah kelainan yang bisa muncul pada lima sampai delapan persen kehamilan. Hal ini terjadi ketika plasenta memproduksi zat yang masuk pada aliran darah ibu dan menyebabkan komplikasi pada kesehatan. Salah satu gejala yang paling umum adalah tekanan darah tinggi dan rasa sakit pada bahu. Jika mengalami rasa sakit pada bahu sebaiknya Anda periksakan diri saat berkunjung ke dokter. Gejala lainnya termasuk tangan dan wajah yang membengkak, mual, rasa sakit pada pinggang, dan jantung yang berdebar-debar.

Pembaca, itulah 4 Penyebab Bahu terasa Sakit saat Hamil, sebagaimana Dunia Baca dot Com lansir dari laman Merdeka. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semua.

Catatan:
Jika rasa sakit pada bahu dibarengi dengan gejala lain yang mencurigakan sebaiknya segera periksakan kesehatan Anda. Bisa jadi itu tak sekedar sakit bahu biasa namun gejala penyakit lainnya.

loading...

Bacaan Terkait: