Penyebab Gatal-gatal pada Kulit | Dunia Baca dot Com

You are here:

Penyebab Gatal-gatal pada Kulit

Capai Sukses

Penyebab Kulit terasa Gatal. Baru-baru ini penelitian menyebutkan bahwa ada sel saraf reseptor yang berperan dalam menimbulkan rasa gatal dan keinginan untuk menggaruk. Reseptor tersebut bernama MrgprA3.

Namun sebelum reseptor bekerja dan memunculkan gatal, ternyata ada penyebab utama rasa gatal pada tubuh. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari The Stir berikut ini.

1. Gigitan nyamuk
Salah satu masalah gatal yang dikeluhkan banyak orang adalah akibat gigitan nyamuk. Selain nyamuk, beberapa serangga lain terkadang juga meninggalkan bekas gatal yang tak tertahankan.

Pesan Sponsor

Jika tidak ingin digigit nyamuk, Anda sebaiknya rajin membersihkan diri dan lingkungan sekitar. Memakai krim anti nyamuk atau obat nyamuk adalah cara lain mencegah gigitan serangga menyebalkan tersebut.

2. Hormon
Ketika hormon bermasalah, bagian tubuh di dalam maupun luar ikut terpengaruh. Salah satunya adalah memunculkan rasa gatal tak tertahankan.

Pernah ada seorang wanita yang melaporkan rasa gatal akibat konsumsi pil KB. Sebab pil KB memang memberi pengaruh besar terhadap hormon. Maka dari itu kondisi kulit ikut merasakan akibat dari perubahan hormon tersebut.

3. Jelatang
Jelatang merupakan sejenis tanaman yang daunnya dapat menyebabkan rasa gatal jika bersentuhan dengan kulit. Jelatang bisa tumbuh berbatang maupun merambat.

Jika Anda baru saja keluar rumah – misalnya berkebun, pergi ke taman, atau mendaki gunung – kemudian merasa gatal, bisa jadi Anda sempat bersentuhan dengan jelatang.

4. Hamil
Sehubungan dengan masalah hormon sebelumnya yang juga memengaruhi kondisi kulit, hamil pun demikian. Ketika hamil, hormon dalam tubuh cukup kacau. Jadi tak heran jika wanita yang mengandung terkadang merasakan gatal tak tertahankan dari ujung kepala hingga kaki.

5. Produk kebersihan
Jika Anda punya kulit yang sensitif, hindari segala macam produk kebersihan untuk mencuci baju atau lantai. Pasalnya kimia di dalamnya bisa menimbulkan alergi.

Alergi itulah yang akhirnya menjadi penyebab utama rasa gatal. Jika dibiarkan, gatal bisa saja berubah menjadi infeksi.

6. Makanan olahan
Makanan olahan – contohnya yang mengandung gula putih berlebihan – mampu membentuk asam yang memengaruhi sistem dan memicu rasa gatal. Selain itu, asam tersebut juga membuat kulit, kuku, serta rambut mudah rapuh dan tidak sehat.

Makanya, sebaiknya atur pola makan sedemikian rupa untuk mencegah rasa gatal dan menjaga kesehatan.

Posted by         0 Responses
   

Tidak ingin ketinggalan Informasi?

Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

*Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

 

No Comment to “Penyebab Gatal-gatal pada Kulit”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
NOTE:
* Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

May
5
2013
 
Kategori Bacaan