loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Penyebab Mimisan Serta Cara Pengobatannya

Kategori Dunia: Kesehatan, Obat-obatan, Penyakit

Penyebab Mimisan – Mayoritas mimisan sering terjadi pada masa anak-anak. Dan hal ini pun pernah KutuBlog alami saat masih duduk di bangku SD. Biasanya saat bermain dengan teman-teman dan tanpa sengaja hidung terbentur sesuatu yang akhirnya mengeluarkan darah atau mimisan. Tapi pernah juga tanpa terbentur pun kadang mendadak mimisan, dimana dulu waktu di kampung, jika hal itu terjadi maka pengobatannya dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan daun sirih yang di taruh di lubang hidung, dan alhamdulillah mimisan pun cepat terhenti atau sembuh.

Dengan rasa penasaran dan mencoba mencari tahu penyebab mimisan, ternyata banyak juga faktor penyebab mimisan pada anak. Sebagaimana yang dijelaskan oleh salah satu pakar kesehatan (Doket Adi) berikut ini.

Mimisan terjadi karena hidung merupakan organ yang memiliki pembuluh darah halus paling banyak. Pembuluh-pembuluh darah tersebut terletak dekat pada permukaan kulit, sehingga rawan terluka dan menyebabkan mimisan. Kebanyakan kasus mimisan terjadi pada bagian bawah septum, atau sekat tulang yang membagi kedua rongga hidung. Gangguan ini biasa dialami oleh anak yang memiliki bakat mimisan atau pembuluh darah permukaan selaput lendirnya sangat tipis sehingga mudah pecah. Lantaran mudah pecah. Lantaran itulah anak ini sering mengalami mimisan secara berulang-ulang. Anak sehat pun dapat mengalami mimisan, meski tidak sesering orang yang memiliki bakat.

Dokter Adi memerinci lebih jauh penyebab anak mengalami mimisan:

1. Trauma
Misalnya terbentur, jatuh, dan membuang ingus terlalu keras. Mengorek-ngorek hidung dengan kuku yang tajam juga akan melukai selaput hidung yang tipis dan menyebabkan mimisan.

2. Polusi
Polusi berupa paparan rokok atau asap knalpot bersifat iritatif. Semua itu dapat membuat lecet dan merobek permukaan selaput lendir yang tipis.

3. Obat-obatan Terentu
Ada beberapa obat yang dapat memicu terjadinya mimisan. Obat semprot yang berfungsi melegakan hidung yang mampet (obat pelega hidung golongan kortikosteroid), salah satunya. Pemakaian yang terlalu sering dapat menjadikan hidung anak mimisan, begitu pun cara pemakaiannya yang salah seperti menggunakan semprotan ke arah tengah padahal yang tepat adalah dengan menyemprotkan ke samping.

4. Udara Dingin
Penyetelan AC yang terlalu dingin dapat menyebabkan mimisan. Cara kerja AC yang menyerap uap air di udara membuat kelembapan di ruangan jauh berkurang. Ditambah, suhu yang terlalu dingin membuat udara jadi makin kering. Udara kering yang diisap anak akan membuat alat pernapasannya mengering, sehingga selaput lendirnya mudah pecah dan berdarah.

Cara Menghentikan Mimisan / Mengobati Mimisan
Cara menghentikan mimisan adalah anak didudukkan pada posisi tegak, kemudian diberikan tekanan pada hidung (dipencet) dengan tujuan mengecilkan pembuluh darah yang pecah (kontriksi) sekaligus mempercepat pembekuan darah di daerah hidung. Bisa juga dengan pengobatan alami daun sirih getahnya diteteskan ke daerah hidung yang mimisan. Getah daun sirih ini berkhasiat menimbulkan koagulasi pada pembuluh darah yang pecah.

loading...

Bacaan Terkait: