Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Penyebab Radang Selaput Otak (Meningitis) dan Cara Mencegahnya

Kategori Dunia: Penyakit

Penyebab dan Cara Mencegah Meningitis (Radang Selaput Otak). Publik sedang digemparkan oleh penyakit meningitis atau radang selaput otak yang menyerang salah satu komedian Indonesia yakni Olga Syahputra.

Penyakit yang menimpa Olga ini membuatnya harus mendapat perawatan yang intensif di rumah sakit luar negeri. Sayangnya, penyakit ini harus merenggut nyawa Olga di usianya yang masih muda ini.

Lalu apa sih sebenarnya meningitis ini? Bagaimana bisa terjadi, bagaimana gejalanya dan juga pencegahan atau pengobatannya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini :

Penyakit Meningitis

Seperti yang telah dilansir oleh meningitis.org, meningitis atau radang selaput otak ini merupakan peradangan yang terjadi pada selaput yang mengelilingi dan melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Peradangan ini biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri, mikroorganisme, kanker, jamur, luka fisik, obat-obatan tertentu yang dikonsumsi oleh pasien dan parasit yang menyebar ke dalam darah lalu melebur ke cairan otak.

Penyakit radang selaput otak ini masuk dalam kategori penyakit serius dan harus segera mendapatkan penanganan karena penyakit ini berada dekat dengan otak dan juga tulang belakang. Penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan gerakan tubuh, pikiran dan bisa menyebabkan kematian.

Penyebab Meningitis (Radang Selaput Otak)

Penyakit ini pada dasarnya disebabkan oleh virus yang tidak berbahaya dan bisa pulih meskipun tanpa perawatan. Namun meningitis yang disebabkan oleh bakteri bisa menyebabkan sakit yang serius. Contohnya saja kerusakan pada otak, berkurangnya kemampuan mendengar sampai kematian.

Meningitis yang disebabkan oleh jamur jarang terjadi. Meningitis ini umumnya diderita oleh pasien yang menderita kerusakan sistem imun atau daya tahan tubuh seperti penderita AIDS.

Gejala Radang Selaput Otak (Meningitis)

Gejala awal yang umum dirasakan adalah leher yang kaku dan terasa sakit. Gejala lain yang mungkin timbul adalah demam, kejang, muntah, nyeri pada kepala sampai hilang kesadaran.

Meningitis ini bisa menyerang semua kalangan usia bahkan bayi. Dan pada bayi gejalanya susah dikenali karena bayi masih belum bisa menunjukkan detail ekspresi. Umumnya bayi jadi rewel dan susah makan. Lalu akan timbul ruam yang sakit saat disentuh sehingga mereka akan menangis. Ada pula gejala yang mirip dengan flu seperti batuk dan juga susah bernafas.

Penanganan Radang Selaput Otak (Meningitis)

Penyakit meningitis ini menular dan penularannya cukup mudah. Penularan bisa disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan mikroorganisme. Jika tak segera disembuhkan maka akan bisa menyebabkan gangguan tubuh yang semakin fatal.

Jika sudah mengalami berbagai gejala tersebut ada baiknya segera membawa penderita ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Penderita akan mendapatkan tes laboratorium untuk mendapatkan hasilnya, kemudian tim medis akan melakukan penanganan terhadap penyakit ini.

Cara Mencegah Meningitis (Radang Selaput Otak)

Pencegahan penyakit ini bisa dilakukan dengan menjaga dan juga meningkatkan tingkat kebersihan. Anda juga harus menghindari berbagi peralatan makan dan mandi dengan penderita penyakit ini karena penyakit ini menular.

Anda juga harus menutup hidung saat bersin. Saat bersama dengan orang yang terkena meningitis konsumsilah antibiotik sampai habis. Ini merupakan pencegahan yang efektif untuk virus meningitis.

loading...

Bacaan Terkait: