Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Penyebab Smartphone Android Lambat dan Cara Mengatasinya

Kategori Dunia: Gadget, Tablet Komputer

Powered by: id.neuvoo.com

Cara Mengatasi Smartphone Android yang Lambat – Penyebab Smartphone Android Lelet. Kadang penggunaan smartphone Android memiliki keluhan berupa lambannya smartphone mereka ketika digunakan dalam kegiatan sehari-sehari.

Padahal lambannya performa smartphone ini bisa mengganggu kegiatan terutama jika penggunaan smartphone merupakan salah satu bagian pekerjaannya. Berikut adalah beberapa penyebab lambannya smartphone Android dan cara mengatasi smartphone android yang lamban.

Launcher

Launcher merupakan salah satu penyebab utama lambannya kinerja suatu smartphone. Terlebih lagi jika smartphone Android Anda hanya mengusung RAM kurang dari 1GB. Hal ini karena launcher bekerja terus menerus hingga memakan banyak kapasitas RAM.

Untuk itu, agar smartphone Android bisa dalam performa terbaiknya, sebaiknya Anda cukup menggunakan launcher dengan ukuran tidak terlalu besar kurang dari 10MB. Sehingga tampilan layar smartphone bisa tetap menarik namun tak membebani performa.

Terlalu banyak buka aplikasi bersamaan

Banyaknya aplikasi yang terbuka dalam satu waktu juga menjadi biang keladi di balik lambannya kinerja smartphone. Kadang pengguna tanpa sadar membuka aplikasi namun tidak menutupnya secara benar dengan hanya menekan tombol back, padahal dengan cara tersebut sebagian aplikasi masih belum tertutup sepenuhnya. Hal ini membuat RAM smartphone terkuras sehingga tidak mampu mendukung aktivitas pengguna terlebih lagi jika dipaksakan untuk multitasking.

Cara paling ampuh untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan restart smartphone atau Anda bisa mengunduh aplikasi RAM optimizer langsung dari Google Play Store.

Internal memori penuh

Lambannya performa smartphone juga bisa disebabkan faktor penuhnya internal memori. Internal memori yang penuh akan membuat smartphone tidak bisa bekerja secara optimal dan justru akan muncul notifikasi terus menerus untuk menghapus aplikasi agar kapasitas penyimpanan di internal memori tidak terlalu penuh.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan cara rooting smartphone, sehingga nantinya aplikasi yang diunduh di smartphone Android bisa disimpan dan dipindahkan ke microSD. Namun langkah rooting sendiri memiliki risiko berupa hangusnya garansi pabrik.

Software tak update

Software yang tidak update juga bisa menjasi salah satu penyebab lambatnya kinerja sebuah perangkat smartphone. Setiap software smartphone tentu memiliki beberapa bug dan update software baik melalui OTA maupun WiFi bisa menghilangkan bug tersebut.

Untuk menjaga agar smartphone Android tetap dalam performa terbaiknya, maka sering-seringlah mengecek update software di menu pengaturan smartphone Anda.

Kualitas kartu microSD buruk

Kualitas kartu microSD yang buruk juga bisa menyebabkan smartphone Android berjalan lelet. kartu MicroSD yang buruk biasanya membuat proses mengambil data seperti foto, musik, file lainnya dari microSD untuk ditampilkan ke smartphone membutuhkan waktu yang lama. Hal inilah yang sering membuat smartphone mengalami lag saat pengguna membuak galeri, pemutar musik, ataupun lemot saat booting di smartphone.

Untuk menghilangkan masalah ini sebaiknya Anda memilih kartu microSD dari merek terkenal dengan kualitas baik. Anda juga bisa memilih kartu microSD dengan kelas tinggi yang menyediakan kecepatan transfer data yang tinggi.

loading...

Bacaan Terkait: