Penyebab Terjadinya Tanah Longsor | Dunia Baca dot Com

You are here:

Penyebab Terjadinya Tanah Longsor

Capai Sukses

Penyebab terjadinya longsor. Tanah longsor merupakan salah satu bencana alam yang sering kerap terjadi di segala penjuru dunia termasuk indonesia, seperti halnya bencana gempa bumi, bencana banjir dan atau bencana tsunami maupun bencana alam yang lainnya. Akibat dari bencana ini dapat mengakibatkan kehilangan tempat tinggal dan bahkan kematian. Untuk itu, perlu kiranya kita mempelajari faktor penyebab terjadinya tanah longsor.

Bencana tanah longsor ini dapat terjadi jika gaya pendorong pada lereng lebih besar dari gaya penahan.Gaya pendorong diakibatkan oleh oleh besarnya sudut kemiringan lereng, air, beban serta berat jenis tanah batuan. Sedangkan penyebab gaya penahan adalah kekuatan batuan dan kepadatan tanah.

Ini semua dimulai saat musim kering yang panjang, pada saat itu terjadi penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar. Akibatnya terjadi rongga-rongga dalam tanah yang kemudian disusul adanya retakan dan rekahan di dalam tanah.

Pesan Sponsor

Di indonesia biasanya bencana tanah longsor terjadi pada bulan november. Tahu sendirikan di bulan itu intensitas curah hujan meningkat. Melalui tanah yang merekah pada musing kering itu, air hujan akan masuk dan terakumulasi di bagian dasar lereng, sehingga menimbulkan gerakan lateral.

Ditambah sudut lereng yang terjal atau mencapai sekitar 180 derajat sehingga dapat menyebabkan tanah longsor. Dan sudah barang tentu akibat paling pahit akan dialami oleh orang yang tinggal di dekatnya.

Akibat dari Tanah longsor sebenarnya bisa dihindari seperti membuat vegetasi atau tidak tinggal di tempat-tempat yang rawan bencana ini. Masih banyak tanah yang lebih aman untuk tempat tinggal yang layak di indonesia. Dan apabila bencana tersebut terjadi, maka kita akan aman. Mudah-mudahan bencana longsor di indonesia semakin berkurang apalagi sampai harus berujung kematian.

Posted by         1 Response
   

Tidak ingin ketinggalan Informasi?

Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

*Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

 

One Comment to “Penyebab Terjadinya Tanah Longsor”

  1. hatman says:

    Tanah longsor dapat diminimalisir apabila masyarakat maupun pemerintah setempat sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Baik dgn cara penanaman pohon, pembuatan tanggul, atau pun sosialisasi tentang bahaya mendirikan rumah di wilayah rawan longsor.

Page 1 of 11
NOTE:
* Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

Sep
13
2011
 
Kategori Bacaan