loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Perbedaan Laptop Dengan Notebook

Kategori Dunia: Dunia Tekno

Perbedaan notebook dan laptop – Ternyata masih banyak orang yang bertanya-tanya mengenai perbedaan antara laptop dengan notebook. Padahal, kedua-duanya adalah sama yaitu komputer yang berukuran kecil, ringan yang mempunyai berat kurang lebih 1-6 kg. Namun berat tersebut tergantung pada ukuran notebook dan laptop itu sendiri, serta bahan dan spesifikasinya.

Di dalam wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas, laptop dan notebook merupakan komputer jinjing. Dengan kata lain, jenis komputer ini bisa di jinjin atau di bawa kemana-mana dengan praktis dan mudah. Karena sumber daya laptop dan notebook berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Tidak seperti komputer desktop yang harus nongkrong di rumah atau di kantor-kantor saja.

Nah…. untuk lebih jelasnya, mengenai perbedaan tentang laptop dan notebook, dibawah ini duniabaca.com sedikit memberikan penjelasan perbedaan antara notebook dan laptop.

Pada awalnya komputer pribadi hanya ada 2 jenis, yaitu desktop dan laptop. Desktop berasal dari kata Desk (meja) dan Top (atas) yang berarti komputer yang diletakkan diatas meja. Sedangkan laptop sendiri gabungan dari dua kata, Lap yang berarti pangkuan dan Top yang artinya atas, yang berarti komputer yang diletakkan diatas pangkuan.

Pada perkembangannya lebih banyak orang yang bekerja dengan laptop yang ditaruh diatas meja daripada meletakannya di pangkuan. Karena memangku laptop terlalu lama bisa menjadi berbahaya, karena suhu atau hawa yang ditimbulkan komputer ini sangat panas hal ini diakibatkan oleh terbatasnya sirkulasi udara pada laptop.

Kemudian muncul model laptop yang menjadi lebih kecil dan lebih ringan, dimana besar komputernya sama besar dengan buku tulis yang biasa dijinjing, yang kemudian disebut dengan notebook. Jadi sebenarnya laptop atau notebook itu sama-sama komputer mini. Yang membedakan cuma penyebutan istilah yang muncul akibat pergeseran makna dimana berpengaruh pada penempatan posisi pemakaian komputer itu sendiri.

Dari penjelasan di atas, ternyata antara laptop dan notebook tidak mempunyai perbedaan, keduanya sama-sama komputer mini dan mempunyai fungsi yang sama.

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Laptop maupun Notebook atau Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop gratis juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai “pengganti” tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket [[USB]/Universal Serial Bus] maupun PS/2 jika tersedia.

Berbeda dengan komputer desktop, Laptop dan notebook memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.

Sumber : wikipedia dan berbagai sumber lain.

loading...

Bacaan Terkait: