loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Perubahan Sosial Budaya Dalam Upaya Membangan Pendidikan di Indonesia

Kategori Dunia: Pendidikan & Adm
Loading...

Download Makalah Tentang Pendidikan – Makalah ini duniabaca.com susun sekitar 7 bulan yang lalu, sebagai salah satu tugas mata kuliah Poleksosbud Dalam Pendidikan. Merupakan hal yang tidak mudah untuk menyusun makalah tentang pendidikan ini. Dan alhamdulillah, dengan mencari referensi kesana kemari dari berbagai sumber, penyususnan tugas makalah pendidikan yang berjudul Perubahan Sosial Budaya Dalam Upaya Membangun Pendidikan Indonesia, akhirnya kelar juga, dan hasilnya pun cukup memuaskan.

Dalam kesempatan ini, duniabaca.com mencoba berbagi makalah tentang pendidikan yang siap download. Siapa tahu salah satu pembaca, sedang membutuhkan contoh makalah pendidikan free download.

Masalah pendidikan tidak dapat dilepaskan dari faktor-faktor lain yang sangat mempengaruhinya yang dikenal dengan istilah Poleksosbud.

Dari dimensi ekonomi, selama bertahun-tahun, dunia pendidikan di Indonesia dikondisikan pada kepentingan untuk mengejar ekonomi, tapi kondisi ekonomi kita belumlah berhasil karena masih terjadi kemiskinan dan pengangguran yang berpotensi menghasilkan kecemburuan sosial.

Dari dimensi sosial budaya, kepribadian bangsa dapat dikatakan rusak akibat budaya konsumerisme dan sikap hidup materialistik yang semakin memperparah karakter bangsa, sebagai contoh di mana korupsi diberantas tetapi semakin merajalela. Selain itu, nilai-nilai sosial kemasyarakatan semakin rapuh dan maraknya konflik horizontal di berbagai daerah.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penyebab krisis multidimensi harus dilihat dari berbagai aspek pendidikan, bukan hanya dilihat dari kecerdasan intelektual dan nilai kelulusan saja yang selama ini disebut sebagai kualitas, tetapi dihubungkan dengan kondisi Indonesia sekarang ini yang sedang mengalami berbagai krisis. Krisis kepemimpinan, mafia hukum, korupsi, pertikaian elit politik dan lain-lain, maka dapat disimpulkan bahwa yang diperlukan sekarang ini adalah pendidikan tentang nilai-nilai kemanusiaan, cinta tanah air dan turut bertanggung jawab dalam membangun bangsa. Berikut adalah kutipan yang menggambarkan kondisi pendidikan di Indonesia.

Selama bertahun-tahun dunia pendidikan di Indonesia terpasung oleh kepentingan-kepentingan tertentu yang absurd, tersisih diantara hingar bingar ambisi untuk mengejar pertumbuhan ekonomi dan daya saing bangsa. Pendidikan tampaknya kurang diarahkan untuk memanusiakan manusia secara utuh lahir dan batin, tetapi lebih diorientasikan pada hal-hal yang bersifat materialistis, ekonomis, teknokratis, kering dari sentuhan nilai-nilai moral, kemanusian dan budi pekerti. Pendidikan lebih mementingkan kecerdasan intelektual, akal, dan penalaran, tanpa diimbangi dengan intensifnya pengembangan kecerdasan hati, perasaan, dan emosi. Akibatnya, apresiasi output pendidikan terhadap keunggulan nilai humanistik, keluhuran budi, dan hati budi nurani menjadi dangkal (Sodijarto, 2008).

Pendidikan di Indonesia selama ini ukuran keberhasilannya diterjemahkan dalam bentuk hasil Ujian Nasional, evaluasi hasil pendidikan hanya menyertakan unsur-unsur kompetensi tertentu saja seperti hasil Ujian Nasional yang berlaku sekarang ini, diakui sebagai ukuran keberhasilan. Hal serupa terjadi di perguruan tinggi. Ukuran keberhasilan ditentukan apabila mahasiswa tersebut tepat waktu dalam menyelesaikan kuliahnya dan IP tinggi. Kedua hal itu perlu, tetapi apabila hanya hal itu saja, maka tidak heran kalau lulusannya kurang bisa bergaul, banyak yang tidak jujur, atau menjadi pengusaha tanpa tanggung jawab sosial.

Dasar pemikiran dari uraian yang dipaparkan di atas, penulis akan membahas tentang Pendidikan dan Perubahan Sosial Budaya ldalam Membangun Bangsa. Hal-hal yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:

1. Bagaimana pemahaman tentang Pendidikan sebagai Sosialisasi Kebudayaan ?

2. Bagaimana pemahaman masyarakat dalam mengimplementasikan Keanekaragaman Budaya dalam pendidikan nasional?

3. Bagaimana relevansi pendidikan dalam lingkup kebudayaan

4. Apakah Perubahan sosial dapat mempengaruhi proses pendidikan dalam membangun bangsa

Semoga makalah tentang pendidikan ini dapat dijadikan bahan referensi tugas kuliah Anda, karena dengan adanya referensi, maka penyusunan makalah pun tidak terlalu njlimet. Dan dari beberapa paragraf di atas, itu merupakan latar belakang makalah tentang Poleksosbud.

Untuk mendapatkan makalah ini secara lengkap, mengingat banyaknya halaman (kurang lebih 20 hal), maka Anda harus download terlebih dahulu. Silakan download makalah tentang pendidikan pada link berikut.

Download Makalah Pendidikan : Perubahan Sosial Budaya Dalam Upaya Membangan Pendidikan di Indonesia

Note:
* Mohon konfirmasi, jika link download eror.
* Bergabunglah di Facebook Fans Page duniabaca.com dan/atau langganan artikel via email, untuk selalu mendapatkan update artikel menarik terbaru duniabaca.com

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: