Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Pesawat Malaysia Airlines MH370 Ditemukan, WASPADALAH Pengguna Facebook

Kategori Dunia: Internet & Web

Stop “Jangan diKlik” Pesawat Malaysia Airlines Ditemukan. Seperti kasus-kasus sebelumnya, pemberitaan tentang menghilangnya pesawat milik Malaysia Airlines (MH370) ternyata dimanfaatkan oleh para cybercriminal untuk mencari mangsa.

Dengan semakin tingginya minat orang yang mencari informasi terkait hilangnya MH370 secara misterius, para spammer secara langsung bergerak cepat dengan menyebarkan spam sekaligus malware di Facebook.

Selain menggunakan foto, para cybercriminal juga menggunakan pancingan berupa link video untuk menjaring mangsa. Untuk lebih meyakinkan para korban, para spammer dan peretas jahat tersebut menuliskan berita hoax yaitu berbunyi “Malaysia Airlines berhasil di temukan di laut – 50 orang selamat.”

--

Namun, seperti dikutip dari The Hacker News (13/03), apabila dilihat dan diteliti lebih lanjut, gambar yang disebarkan oleh para cybercriminal itu bukanlah foto dari pesawat Malaysia Airlines melainkan foto pesawat Lion Air yang jatuh di laut Bali pada tahun 2013 lalu.

Seketika korban meng-klik link informasi, gambar atau video, maka mereka akan dibawa ke laman yang telah disediakan para penjahat tersebut serta akan secara otomatis terjangkiti oleh malware.

Oleh karenanya, disarankan untuk tidak meng-klik link yang menginformasikan bahwa Malaysia Airlines telah ditemukan, karena sampai sekarang pun pesawat itu masih raib dan belum diketahui keberadaannya.

loading...

Bacaan Terkait: