Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Profile Timnas Nigeria Piala Dunia 2014

Kategori Dunia: Piala Dunia 2014

Powered by: id.neuvoo.com

Piala Dunia 2014 – Profile Timnas Nigeria. Sebanyak 52 dari total 53 negara yang berada di zona Afrika berjibaku memperebutkan lima tiket terbang ke Brasil sejak 2011 lalu, salah satunya Nigeria.

Nigeria akhirnya menjadi juara grup F yang diisi Malawi, Kenya, dan Namibia. Elang Super berhasil mengumpulkan 12 poin dengan tanpa kekalahan sekalipun hingga kemudian mengalahkan Ethiopia dengan agregat 4-1 di babak play-off.

Nigeria sudah 5 kali mengikuti Piala Dunia sejak 1994. Debut pertamanya pada tahun 1994 di Amerika, ketika itu Nigeria dilatih oleh Clements Westerhof. Nigeria berada pada satu grup bersama Argentina, Bulgaria, dan Yunani.

Partai pertama mereka menang atas Bulgaria 3-0 kemudian kalah dari Argentina 1-2, di pertandingan akhir mereka mengalahkan Yunani 2-0 dan lolos ke 16 besar.

Di 16 besar, mereka bertemu dengan Italia. Sempat memimpin terlebih dahulu di menit 25, Nigeria harus menyerah setelah dua gol Roberto Baggio membalikkan keadaan, Nigeria harus angkat koper.

Hasil tersebut merupakan prestasi tersendiri bagi tim yang baru pertama kali di ajang bergengsi Piala Dunia. Kini saatnya Super Eagle membuktikan diri di grup F kalau mereka bukanlah tim yang pantas diremehkan.

Nigeria Tampil di Piala Dunia

1994, 1998, 2002, 2010, 2014

Nigeria Juara Piala Dunia

Pelatih Nigeria Piala Dunia 2014: Stephen Keshi

Setelah pensiun sebagai pemain dan sudah membela berbagai klub di Belgia, Keshi memutuskan untuk ke Amerika Serikat untuk mengambil tantangan kepelatihan. Pada tahun 2004, Keshi mulai melatih timnas Togo dan berhasil membawa Togo ke Piala Dunia 2006 untuk pertama kalinya.

Namun sebelum benar-benar memulai pertandingan Piala Dunia, Keshi harus dipecat karena mengalami hasil buruk pada Piala Afrika 2006. Pada tahun 2008 Stephen Keshi melatih negara Afrika lainnya, Mali. Namun sayang kariernya berujung pemecatan setelah kembali gagal ke Piala Afrika 2010. pada 2011 Keshi mulai menakhodai timnas Nigeria. Sejumlah catatan positif pun diraihnya seperti menjuarai Piala Afrika 2013 dan sekaligus menerima penghargaan Pelatih Terbaik Afrika 2013.

Pemain Bintang Nigeria Piala Dunia 2014: Vincent Enyeama

Kiper sekaligus kapten ini mengawali debut Internasionalnya ketika di Piala Dunia 2002. Saat itu ia menggantikan kiper utama Ika Shorunmu dalam pertandingan melawan Inggris dan berhasil membuat clean sheet. Setelah itu dia menjadi kiper utama timnas Nigeria setelah Ika Shorunmu pensiun dari lapangan hijau. Di level klub, Enyeama juga pernah membela beberapa klub besar seperti Hapoel Tel-Aviv, Lille dan Maccabi Tel-Aviv dan beberapa kali menjuarai liga bersama timnya. Di timnas Enyeama berhasil membawa Nigeria juara Afrika 2013. Sejauh ini Enyeama sudah menjalani 88 pertandingan bersama Super Eagle sejak debutnya pada tahun 2002.

loading...

Bacaan Terkait: