Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Puasa Senin Kamis, Niat dan Doa Buka serta Hikmah Puasa Sunah Senin Kamis

Kategori Dunia: Puasa Sunnah
[neuvoo_jobroll co=id lo=Jakarta kw=Marketing size=20]

Niat dan Doa Puasa Senin Kamis serta Hikahnya. Perlu di ingat, Puasa Senin Kemis adalah puasa sunnah yang dilakukan pada hari senin dan hari kamis. Jadi, disini ada 2 puasa sunnah yaitu puasa sunah hari senin dan puasa sunah hari kamis. Sehingga, bacaan niatnya pun berbeda antara puasa senin dan kamis.

Nah, pada halaman ini Dunia Baca dot Com akan berbagai tentang beberapa manfaat, keutamaan atau hikmah puasa sunah senin kamis serta lafadz niat puasa senin kamis dan doa buka puasa senin kami lengkap.

#1 Keistimewaan
#2 Keutamaan
#3 Manfaat
#4 Fakta
#5 Niat Puasa Senin Kemis
#6 Doa Buka Puasa Senin Kamis

[neuvoo_jobroll]


Keistimewaan Puasa Sunah Senin-Kamis

Puasa Senin-Kamis adalah jenis puasa yang sering diamalkan Nabi Muhammad saw, para sahabatnya, dan tentu menjadi tradisi bagi umatnya. Namun, tidak semua orang tahu akan jenis amalan sunah ini. Meskipun tahu, tapi tidak semua menyadari keajaiban-keajaiban yang ada di balik puasa Senin Kamis.

Dalam salah satu haditsnya, Nabi Muhammad saw selalu menunggu-nunggu kehadiran hari Senin dan Kamis, untuk melaksanakan puasa.

“Rasulullah saw sering berpuasa pada setiap bulannya (minggu pertama) pada hari Kamis dan hari Senin. Pada minggu kedua berpuasa hari Senin.” (HR An-Nasa`I dari Hafsah ra)

Diakui atau tidak, realitas membuktikan bahwa puasa Senin-Kamis telah sukses “mengubah” kondisi-kondisi manusia dari ketidakbaikan kepada kebaikan yang diharapkan. Puasa Senin-Kamis telah mengubah kepribadian yang “kumuh” menjadi kepribadian yang “cantik dan menawan.”

Semua ini tentu berawal dari segala keistimewaan serta kelebihan, maupun manfaat yang begitu dahsyat yang terkandung dalam puasa Senin-Kamis bagi kehidupan manusia. Hal inilah yang telah diurai oleh Asrar Mabrur Faza melalui bukunya “Mengapa Harus Puasa Senin-Kamis” untuk “menyibak tirai” keistimewaan puasa Senin-Kamis. Ia juga mengungkapkan kedahsyatan puasa sunah yang satu ini dengan membahasnya secara khusus melalui buku ini.

Buku terbitan QultumMedia ini terdiri atas lima bagian penjelasan. Masing-masing bagian diberi tema pokok, selanjutnya diiringi oleh berbagai tema lanjutan dengan frekuensi panjang pendek penjelasan yang berbeda. Hal ini tentunya sesuai dengan titik penekanan pesan dari masing-masing tema yang dirumuskan.

Pada bagian pertama, diungkap beberapa keistimewaan yang terkandung dalam hari Senin dan Kamis, sebagai gambaran beberapa hikmah pemilihan dua hari ini menjadi hari berpuasa sunah bagi umat Islam. Pengungkapan hikmah di sini tentunya berdasarkan beberapa riwayat yang menunjukkan adanya sisi-sisi keistimewaan yang dimaksud. Misalnya, berkaitan dengan Hari Lahir dan Wafatnya Kekasih Allah, Muhammad saw, Hari Pelaporan Amal lbadah, Hari Pembukaan Pintu Gerbang Surga, serta merupakan hari yang diberkahi oleh Allah SWT.

Bagian kedua lebih membahas tentang aspek-aspek yang menjadi landasan awal bagi seorang yang ingin atau sudah melakukan puasa Senin-Kamis. Landasan awal ini dimaknai sebagai spirit pertama bagi seseorang untuk dapat memberikan kekokohan niatnya dalam menjalani puasa Senin-Kamis. Puasa Senin-Kamis bagi seorang muslim harus merupakan wujud atau bukti dari rasa kecintaannya kepada Allah, kecintaannya kepada Rasulullah saw, dan juga sebagai bukti kecintaannya kepada diri sendiri.

Jika niat sudah mantap atau kokoh, selanjutnya yang diperlukan bagi peminat puasa Senin dan Kamis adalah mengetahui strategi-strategi khusus dalam bentuk beberapa “tips jitu” untuk menjalankan puasa Senin dan Kamis. Hal ini dijelaskan pada bagian ketiga. Beberapa tip dijelaskan, mulai dari berniat puasa, mencari berkah sahur, hal-hal yang bisa dilakukan untuk “bertahan” menjelang berbuka, serta anjuran untuk berbuka dengan segera.

Terkadang ada juga yang masih merasa memiliki kendala atau penghalang untuk melaksanakan puasa Senin-Kamis. Oleh sebab itu, pada bagian keempat penulis memberikan “penyegaran” kesadaran bahwa berpuasa Senin-Kamis itu memang tidak sesulit yang dibayangkan, serta akan mengganggu aktivitas-aktivitas rutinitas lainnya. Pada bagian ini dipaparkan tentang sifat dasar bahwa agama itu memang sungguh mudah, berpuasa sekali tapi dua aktivitas bisa terlampaui, dan “penyuguhan” beberapa ibadah yang berkesan “enteng” tapi punya balasan yang dahsyat.

Kemudian, penulis menutup pembahasan buku ini dengan memaparkan aspek kedahsyatan puasa Senin-Kamis. Aspek kedahsyatan yang membuat semua orang “tersihir” untuk berhasrat melakukan puasa Senin-Kamis. Subtema yang dipaparkan mencakup tentang perlunya mengawali puasa

Senin-Kamis dari hati yang penuh dengan ketulusan serta keikhlasan, manfaat puasa Senin-Kamis sebagai penawar hati yang “keruh” jika ditinjau dari perspektif psikologis, manfaat puasa Senin-Kamis dari tinjauan medis terhadap kesehatan manusia, beberapa hal tentang kemuliaan yang diperoleh orang yang melakukan puasa Senin-Kamis di akhirat, dan terakhir cuplikan beberapa kisah nyata “fans” Puasa Senin-Kamis yang -insya Allah- akan “mengagetkan” Anda.

[ Kembali ke atas ]


Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kemis

” Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya tentang alasannya, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, “Tangguhkan keduanya. (HR. Ahmad).

Mengapa Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita mesti puasa sunnah pada tiap hari Senin dan Kamis? Dalam sebuah hadits yang disampaikan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Sebagai amalan sunnah, tentu saja puasa senin kamis ini memiliki posisi yang penting di mata Allah SWT. Allah akan memberikan pahala puasa secara langsung kepada yang mengerjakannya. Amal kebaikan yang dilakukan oleh orang yang berpuasa akan dilipatgandakan menjadi 10 kali lipat.

Hal ini sudah dijanjikan oleh Allah SWT dalam sebuah hadits Qudsi-Nya:

” Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat.”(HR. Bukhari dan Abu Daud).

Kata puasa dalam hadits di atas mengandung makna secara umum, maksudnya adalah puasa sunnah maupun wajib, termasuk puasa senin kamis ini. Inilah puasa yang disyariatkan oleh Rasululah SAW untuk menjaga keimanan dan ketakwaan seseorang.

[ Kembali ke atas ]


Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

Jika dilihat dari segi kesehatan, berpuasa Senin-Kamis ternyata dapat meningkatkan kestabilan kondisi tubuh baik mental maupun spritual serta menyeimbangkan kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ).

Keuntungan yang akan Anda dapatkan jika rajin menjalankan ibadah puasa Senin-Kamis bagi kesehatan di antaranya:

  • Peremajaan kulit
  • Mengencangkan Kulit
  • Mengeluarkan racun
  • Memberikan istirahat untuk organ pencernaan
  • Menurunkan kadar lemak
  • Mempercantik kaum wanita secara alami
  • Menenangkan jiwa dan perasaan
  • Mampu mengendalikan hawa nafsu
  • Lebih peka terhadap lingkungan sekitar
  • Lebih banyak beramal

[ Kembali ke atas ]


Fakta Puasa Senin Kemis

Mantan presiden BJ Habibie dikenal sebagai orang yang selalu merutinkan puasa sunnah senin kamis . Baginya puasa senin kamis merupakan salah satu kunci sukses dalam kehidupannya.

Prof. Dr. Ir Amin Aziz, pendiri Bank Muamalat, ICMI, Baitul Mal watta’wil (BMT) dan Partai Amanat Nasional (PAN), juga orang yang selalu membiasakan diri berpuasa senin kamis dan sholat tahajjud.

“Saya rutin puasa senin kamis dan sholat tahajjud sudah puluhan tahun. Alhamdulillah kedua ibadah sunah di atas berdampak positif dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi saya”

Pimpinan Majlis Az Zikra, ust Muhammad Arifin Ilham, sejak muda selalu rajin puasa sunah senin kamis. Ia selalu mengamalkan tujuh sunnah harian rasulullah SAW, dan salah satunya yaitu puasa sunnah senin kamis.

[ Kembali ke atas ]


Niat Puasa Senin Kamis Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Ingat…!!! ada dua niat dan tentunya niat itu berbeda antara niat puasa hari senin dan niat puasa hari kamis. Silakan Anda pelajari lafadz niat puasa sunnah senin kamis lengkap bahasa arab, latin dan artinya.

[ Kembali ke atas ]


Doa Buka Puasa Sunah Senin Kemis Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya

Seperti halnya buka puasa sunnah ramadhan, saat berbuka puasa senin kamis pun Anda dianjurkan untuk membaca doa buka puasa. Silakan pelajari lafadz doa buka puasa sunah senin kamis bahasa arab, latin dan artinya.

[ Kembali ke atas ]

Pembaca itulah beberapa manfaat, keutamaan menjalankan puasa sunnah senin kamis serta lafadz niat puasa senin kamis dan doa buka puasa senin kamis yang dapat kami share. Semoga bermanfaat.

loading...

Bacaan Terkait: