Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Puluhan Ibu RT di Bekasi Terkena AIDS Akibat Suami Suka Jajan (PSK)

Kategori Dunia: Penyakit
[neuvoo_jobroll co=id lo=Jakarta kw=Marketing size=20]

Suami Suka Jajan (PSK) Puluhan Ibu RT di Bekasi Terkena AIDS. Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Jawa Barat, menemukan sekitar 33 ibu rumah tangga yang mengidap AIDS. Kabar ini tentunya mengguncang warga Bekasi.

Ada sekitar 401 orang di Bekasi yang menderita HIV (Human Immuno Deficiency Virus) sementara 121 orang di antaranya telah dinyatakan positif terjangkit AIDS. Parahnya, penularan ini terjadi kepada ibu rumah tangga yang disinyalir berasal dari suaminya sendiri. Bagaimana mungkin?

Ternyata ditemukan fakta bahwa penyebaran dan penularan ini terjadi karena suami yang berhubungan seks di luar kemudian menulari istrinya. “Suami yang memiliki perilaku seks berlebihan biasanya melakukan hubungan seks beresiko ketika berada di luar rumah atau luar kota,” ujar Kasie Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Reni Amalia.

[neuvoo_jobroll]

Diungkapkan oleh Reni, temuan tersebut sangat mengejutkan mengingat biasanya penularan HIV/AIDS biasanya banyak terjadi di kalangan pengguna narkoba dan pelaku seks beresiko. Upaya penyelamatan kini sedang dilakukan khususnya pada pasien yang tengah mengandung bayi.

Mengenai gejala awal, Reni mengatakan kebanyakan ibu rumah tangga mencurigai dirinya terserang keputihan biasa. “Awalnya memeriksakan kesehatan karena curiga kena keputihan, tapi setelah dicek lebih lanjut ternyata HIV. Ibu hamil yang sudah tertular akan diberikan obat pencegahan untuk memutus rantai penularan dari ibu.”

Kabar ini tentunya membuat hati miris karena ternyata orang terdekat lah yang memiliki potensi penyebaran penyakit berbahaya ini. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit HIV/AIDS, yaitu:

  1. Melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang tetap (tidak berganti-ganti pasangan)
  2. Hindari hubungan seksual di luar nikah
  3. Hindari transfusi darah yang tak jelas sumber asalnya
  4. Gunakan alat-alat medis dan non media yang terjamin steril

Semoga dengan cara ini, penyebaran penyakit HIV/AIDS tidak semakin meluas dan terutama tidak menjangkiti orang-orang yang berada dalam posisi tak berdaya, misalnya bayi dan anak-anak.

loading...

Bacaan Terkait: