Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Risiko Operasi Caesar

Kategori Dunia: Persalinan

Risiko Melahirkan dengan Operasi Caesar. Pada awal kemunculannya, operasi caesar hanya dilakukan sebagai upaya penanganan untuk ibu hamil yang mengalami komplikasi. Namun, beberapa tahun terakhir, operasi caesar telah menjadi trend dan mulai digemari ibu-ibu muda yang secara medis tidak memerlukan operasi caesar untuk proses kelahiran bayi mereka.

Bahkan mereka rela membayar dengan biaya selangit agar bisa menentukan hari kelahiran bayi mereka melalui operasi caesar.

Tahukah Anda bahwa selain mahal, ternyata operasi caesar juga memiliki efek samping jangka panjang bagi si ibu? Berikut efek samping jangka panjang pasca operasi caesar bagi sang ibu, seperti dilansir Boldsky:

--

Bekas Luka
Dari sekian banyak tanda-tanda persalinan pasca operasi caesar, bekas luka sayatan di perut inilah yang paling sulit hilang. Bahkan jika tidak dilakukan perawatan berkala, bekas luka tersebut akan selamanya berada di perut Anda.

Rentan Infeksi
Sebuah penelitian di Inggris menyatakan, setiap tahun sebanyak 15 ribu wanita di Inggris menderita infeksi setelah melahirkan dengan operasi caesar. Dari data tersebut ditemukan bahwa 9,6 persen wanita yang melakukan operasi caesar mengalami infeksi dibandingkan dengan hanya 6,6 persen wanita yang melakukan operasi pengangkatan rahim.

Recovery Lebih Lama
Masa istirahat dan pemulihan pasca operasi caesar juga relatif lama. Ibu yang baru melahirkan secara caesar setidaknya membutuhkan waktu 3 bulan untuk pemulihan. Tentu ini akan menjadi kendala bagi wanita karir.

Nyeri Lebih Lama
Nyeri luka caesar lebih lama daripada persalinan normal. Jika ini yang terjadi, maka Anda tidak akan maksimal saat merawat bayi dan suami Anda.
Peluang Melahirkan Normal sangat Kecil

Biasanya seorang ibu yang pernah melahirkan cesar memiliki peluang yang lebih kecil melahirkan secara normal di kehamilan berikutnya.

Para ahli berpendapat bahwa bekas operasi yang belum benar-benar pulih bisa menjadi kendala tersendiri saat melahirkan normal.

loading...

Bacaan Terkait: