Menu

Salat Tarawih Pada Bulan Puasa Ramadhan

12/07/2011 | Gema Ramadhan

Solat tarawih niat, bacaan doa solat tarawih – Pada bulan suci ramadhan, seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia melakukan salat sunnah yang terdiri dari 8 rakaat dan 3 rakaat witir, yakni salat sunnah tarawih. Namun ada juga yang mengerjakan salat sunnah tarawih dengan 20 rakaat dan 3 rakaat witir. Adapun waktu pelaksanaan shalat taraweh adalah setelah shalat isya yang umumnya dilaksanakan secara berjama’ah di masjid maupun musholla.

Niat salat tarawih sebagaimana juga salat-salat yang lain cukup diucapkan di dalam hati, yang terpenting adalah niat hanya semata karena Allah Ta’ala semata dengan hati yang ikhlas dan mengharapkan Ridho Nya, apabila ingin dilafalkan jangan terlalu keras sehingga mengganggu Muslim lainnya, memang ada beberapa pendapat tentang niat ini gunakanlah dengan hikmah bijaksana.

Secara lengkap, niat salat tarawih 2 rakaat adalah:

أصلى سنة التراويحح ركعتين مأموما/إماما لله تعالى

“Ushalli sunnatat taraawiihi rak’ataini (ma’muman/imaaman) lillahi ta’aalaa”

” Aku niat Salat Tarawih dua rakaat ( menjadi makmum/imam) karena Allah Ta’ala”

Walaupun demikian, ada beberapa cara dalam mengerjakan salat Tarawih, salah satunya dengan formasi 2 kali 4 rakaat masing masing dengan sekali salam setiap selesai 4 rakaat. Oleh karena itu, dalam niat salat tarawih, niatnya disesuaikan menjadi “arbaa raka’ataini”.

Terdapat beberapa praktik tentang jumlah raka’at dan jumlah salam pada salat tarawih, pada masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam jumlah raka’atnya adalah 8 raka’at dengan dilanjutkan 3 raka’at witir. Dan pada zaman khalifah Umar menjadi 20 raka’at dilanjutkan dengan 3 raka’at witir. Perbedaan pendapat menyikapi boleh tidaknya jumlah raka’at yang mencapai bilangan 20 itu adalah tema klasik yang bahkan bertahan hingga saat ini. Sedangkan mengenai jumlah salam praktik umum adalah salam tiap dua raka’at namun ada juga yang salam tiap empat raka’at. Sehingga bila akan menunaikan tarawih dalam 8 raka’at maka formasinya adalah salam tiap dua raka’at dikerjakan empat kali, atau salam tiap empat raka’at dikerjakan dua kali dan ditutup dengan witir tiga raka’at.

Bacaan Doa Shalat Tarawih

Sumber : id.wikipedia.org dan berbagai sumber lain.

Related For Salat Tarawih Pada Bulan Puasa Ramadhan