Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Sejarah Berdirinya Jakarta International School di Indonesia

Kategori Dunia: Asal Usul
[neuvoo_jobroll co=id lo=Jakarta kw=Marketing size=20]

Sejarah JIS di Indonesia. Pemerintah akan menutup Jakarta International School (JIS) untuk sementara. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan, Lydia Freyani, mengatakan penutupan ini dilakukan untuk memudahkan polisi menyelidiki kasus kekerasan seksual yang diduga terjadi di sekolah itu.

Dikutip dari situs resmi JIS, Senin, 21 April 2014, sekolah ini merupakan salah satu sekolah internasional tertua di Indonesia. Sekolah itu pertama kali didirikan oleh sekelompok ekspatriat yang beraktivitas di Jakarta pada 1951.

Mereka umumnya bekerja sebagai perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Indonesia. Saat itu, Indonesia baru saja merdeka dan mulai menerima perwakilan negara lain.

[neuvoo_jobroll]

Para pekerja PBB sepakat untuk mendirikan sekolah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anaknya. Sekolah itu mulai beroperasi dengan bahasa Inggris sebagai pengantar pendidikan sehari-hari. Awalnya, sekolah ini hanya memiliki lima siswa yang merupakan anak ekspatriat tersebut.

Sekolah itu diberi nama Joint Embassy School pada 1969 karena diisi oleh anak-anak dari ekspatriat yang berasal dari Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan Yugoslavia. Pihak kedutaan negara-negara itu menjadi penyokong dana untuk aktivitas siswa di sekolah tersebut.

Setelah melalui hampir enam dekade sejak didirikan, kini sekolah itu menawarkan pendidikan untuk tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Kini sekolah yang terletak di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, ini mendidik sekitar 2.400 siswa dari 60 negara. Guru yang bekerja di JIS berjumlah ratusan yang mewakili 20 kewarganeagaraan yang berbeda.

Mereka memiliki sebuah yayasan yang bertanggung jawab atas pengelolaan sekolah tersebut. Yayasan itu terdiri atas sebelas orang yang berasal dari perwakilan kedutaan Inggris, Amerika Serikat, dan Australia. Perwakilan dari Yugoslavia tak masuk dalam yayasan karena negara itu sudah bubar dan terpecah-pecah menjadi beberapa negara. Yayasan itu bertugas untuk menentukan arah pendidikan sekolah dan memiliki kepala sekolah.

Berikut ini runtutan sejarah berdirinya Jakarta International School (JIS) di Jakarta:

  • Tahun 1951
    Sejumlah pekerja PBB mendirikan Joint Embassy School (JES)
  • Tahun 1978
    JES berganti nama menjadi Jakarta International School (JIS), meliputi SD dan SMP.
  • Tahun 1992
    Taman Kanak-Kanak JIS diresmikan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan saat itu Hasan Walinono.
  • Tahun 2010
    Terbit Peraturan Pemerintah Nomor 17 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Ketentuan ini mengharuskan sekolah internasional bekerja sama dengan lembaga pendidikan yang terakreditasi di negara asalnya dan diakui di Indonesia.
  • Tahun 2013
    Mahkamah Konstitusi membubarkan keberadaan rintisan sekolah berstandar internasional.
  • Tahun 2014
    Kasus kekerasan seksual memunculkan rencana evaluasi sekolah internasional.

loading...

Bacaan Terkait: