Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Selain Vitamin D, Inilah Manfaat Lain Sinar Matahari untuk Kesehatan

Kategori Dunia: Obat-obatan

Manfaat Sinar Matahari bagi Kesehatan. Vitamin D adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Anda pun bisa mendapatkannya secara mudah dan murah dari sinar matahari.

Namun tahukah Anda, selain vitamin D, ada banyak manfaat kesehatan lain dari sinar matahari. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Medical Daily berikut ini.

Tidur nyenyak
Seberapa banyak tubuh terkena sinar matahari ternyata memengaruhi ritme kardiak tubuh. Ritme tersebut termasuk fisik, mental, dan perilaku. Demi menjaga ritme kardiak agar tetap seimbang, jangan ragu menghabiskan waktu di luar rumah.

Selain itu, jangan berdiam diri di tempat gelap di siang hari. Sebab kekurangan cahaya di siang hari bisa mengganggu jadwal tidur di malam hari.

Suasana hati
Paparan sinar matahari yang diterima tubuh secara rutin mampu meningkatkan kadar hormon serotonin. Peningkatan hormon tersebut membuat Anda terhindar dari depresi, cemas, sedih, dan masalah suasana hati buruk lainnya.

Tekanan darah
Kulit yang terkena paparan sinar UV matahari mengandung oksida nitrit yang mampu menurunkan tekanan darah rendah. Bahkan hal tersebut telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan para pakar dari Edinburgh University.

Kanker kulit jenis melanoma
Semakin sering terkena sinar UVB, semakin rendah risiko serangan kanker kulit melanoma. Sementara orang-orang yang kebanyakan menghabiskan waktunya di dalam ruangan seringnya hanya mengalami paparan sinar UVA yang justru meningkatkan risiko kanker karena kadar vitamin D mereka juga relatif rendah.

Itulah berbagai manfaat kesehatan dari sinar matahari, selain sebagai sumber vitamin D. Namun ingat, sinar matahari terbaik hanya berlangsung sebelum pukul sepuluh pagi dan setelah jam empat sore.

loading...

Bacaan Terkait: