Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tanda-tanda Penyakit Jantung pada Ibu Hamil

Kategori Dunia: Kehamilan, Penyakit

Powered by: id.neuvoo.com

Tanda-tanda Penyakit Jantung pada Ibu Hamil. Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dialami ibu hamil sebaiknya diwaspadai. Sebab peneliti dari Finlandia memaparkan kalau hipertensi tersebut kemungkinan besar adalah faktor risiko dari penyakit jantung beberapa tahun ke depan.

Wanita yang mengalami peningkatan tekanan darah, setidaknya sekali selama hamil, tepatnya berisiko terkena gagal jantung sebesar 1,4 kali lebih besar.

Mereka juga dua kali lipat berisiko meninggal akibat serangan jantung dibandingkan dengan ibu hamil dengan tekanan darah normal.

Sebagaimana Dunia Baca dot Com sadur dari laman Merdeka yang dilansir dari My Health News Daily, penelitian sebelumnya menyebutkan kalau kondisi preeclampsia juga berkaitan dengan risiko penyakit jantung dan ginjal. Preeclampsia adalah kondisi serius yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan meningkatnya kadar protein pada urine.

Perubahan selama masa kehamilan, termasuk tekanan darah, membuat tubuh menjadi stres dan terkadang membahayakan kondisi jantung.

Penelitian terbaru inipun sebaiknya dijadikan evaluasi bagi para wanita agar memantau kondisi tekanan darahnya selama mengandung.

“Sayangnya, penelitian ini hanya dilakukan di Finlandia. Jadi hasilnya belum tentu bisa mewakili kondisi wanita di negara lain,” tulis peneliti dalam jurnal Circulation.

Penelitian tersebut memang melibatkan 10.000 wanita Finlandia yang melahirkan pada tahun 1966 silam.

Tekanan darah mereka diperiksa sebanyak tujuh kali selama hamil dan kondisi kesehatannya dipantau 40 tahun lamanya. Sekitar satu dari tiga wanita pernah mengalami hipertensi sekali selama hamil.

loading...

Bacaan Terkait: