Menu

Tanda-tanda Tumor Jinak Payudara

Kategori Dunia: Penyakit

Ciri ciri Tumor Jinak Payudara. Terdapat dua jenis penyakit tumor payudara. Pertama; Tumor Ganas Payudara atau lebih kita kenal dengan Kanker Payudara, yang merupakan salah satu penyakit kanker paling mematikan di dunia. Kedua; Tumor Jinak Payudara atau FAM (Fibroadenomamammae).

Tumor jinak payudara (FAM) adalah benjolan pada payudara yang biasanya merupakan gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong yang sifatnya jinak dan tidak menyebar ke bagian lain pada tubuh.

FAM atau Tumor Jinak payudara lebih banyak di derita oleh wanita yang berusia sekitar 16 tahun – 30 tahun. Lantas, bagaimana tanda dan ciri-ciri tumor jinak payduara?

Sebagaimana Dunia Baca dot Com sadur dari laman detikhealth, menurut Dr Riahsyah Damanik, SpB(K) Onk, spesialis bedah tumor Hope Clinic Medan sebagaimana dilansir oleh Tribunnews, “Khusus perempuan yang berusia di atas 40-an resiko menderita tumor jinak payudara semakin besar jika sampai umur tersebut tidak melahirkan“.

Hal ini tak lain karena perempuan yang belum pernah melahirkan maka kadar hormon estrogennya tidak pernah menurun.
Dr Riahsyah menyebutkan beberapa tanda khas tumor jinak payudara yaitu adanya benjolan yang terasa nyeri pada ketiak, cairan keluar dari puting payudara, puting payudara mengendur hingga ke dalam, payudara terasa tegang dan nyeri hingga ke punggung atau nyeri punggung.

“Tapi dalam periode tertentu tanda-tanda tumor jinak payudara tersebut adalah normal. Misalnya saat PMS (pre menstruasi sindrom),” katanya. Ia mencontohkan, benjolan ketiak atau payudara menegang umum terjadi pada siklus PMS. Dan setelah siklus berakhir, gejala tersebut menghilang.

“Maka sangat dianjurkan bagi perempuan untuk melakukan gerakan SADARI (Periksa Payudara Sendiri),” ujarnya.
Gerakan SADARI sebaiknya dilakukan satu minggu setelah masa haid (menstruasi). Gerakannya meliputi gerakan arah berputar dengan menyentuh seluruh bagian payudara.

Raba payudara dengan gerakan memutar seperti mengelilingi area puting (searah jarum jam).

“Perhatikan apakah ada perubahan pada payudara. Misalnya bentuknya tidak simetris, apakah terdapat kerutan pada payudara, puting mengerut dan mengeluarkan cairan, atau kulit berubah seperti kulit jeruk. Jika menemukan tanda ini sebaiknya segera periksa ke dokter,” kata dr Riahsyah.

Itulah beberapa ciri-ciri tumor jinak payudara yang dapat Dunia Baca dot Com share. Semoga bermanfaat. Untuk mendapatkan bacaan terbaru, silakan ikuti kami di Twitter dan Facebook. Terima kasih

Related For Tanda-tanda Tumor Jinak Payudara