Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Ternyata ASI Membuat Sikap dan Perilaku Anak Lebih Baik

Kategori Dunia: Menyusui

ASI Ternyata Membuat Sikap dan Perilaku Anak Lebih Baik. Tidak ada habis-habisnya pembahasan manfaat ASI bagi ibu dan anak. Selain dari segi kesehatan, pemberian ASI bisa membuat perilaku anak lebih baik di kemudian hari.

Anak yang diberi ASI cenderung lebih penurut dan terhindar dari berbagai perilaku negatif seperti berbohong dan mencuri.

Beberapa manfaat ASI antara lain membuat anak memiliki IQ yang lebih tinggi, lebih jarang terkena infeksi dan terhindar dari kegemukan. Bagi ibu, pemberian ASI menurunkan risiko kanker payudara.

Selain itu, ASI akan membuat anak memiliki sikap dan perilaku yang lebih baik. Mereka akan terhindar dari gelisah, hiperaktif dan perilaku yang buruk, demikian hasil penelitian yang ditulis dalam Archives of Disease in Childhood, dilansir Readers Digest.

Penelitian yang dilakukan Oxford Universitymenemukan bahwa anak yang mendapat ASI selama 4 bulan atau lebih memiliki perilaku yang baik. Penelitian yang dilakukan pada 10.000 bayi yang lahir pada tahun 2000 dan 2001 memperlihatkan bahwa saat berusia 5 tahun, 16 persen anak yang diberi susu formula memiliki perilaku hiperaktif, berbohong bahkan mencuri. Sedangkan masalah yang sama hanya terjadi sebanyak 6 persen pada anak yang diberi ASI.

Fakta tersebut kemungkinan besar terjadi karena ibu yang menyusui cenderung lebih berpendidikan, lebih mampu mengajarkan perilaku baik dan berasal dari latar belakang sosial ekonomi yang lebih tinggi. Saat penelitian dilanjutkan setelah anak berusia lebih dari 5 tahun, perilaku mereka yang diberi ASI jauh lebih baik dan memiliki risiko berperilaku buruk lebih rendah 30 persen dibanding anak yang minum susu formula.

Para ahli meyakini bahwa selain ASI, ikatan ibu dan anak, serta metode mendidik anak berkaitan dengan perilaku baik anak di masa yang akan datang. Ayo bunda, beri ASI untuk buah hati tercinta.

loading...

Bacaan Terkait: