Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Ternyata Kecemasan Ibu saat Hamil Pengaruhi Sistem Imun Bayi

Kategori Dunia: Kehamilan

Powered by: id.neuvoo.com

Kecemasan Ibu saat Hamil Pengaruhi Sistem Imun Bayi. Cemas berlebihan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tampaknya hal ini tak berlaku pada diri sendiri saja, namun juga pada ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Penelitian menunjukkan bahwa kecemasan yang dirasakan ibu saat hamil bisa berdampak pada sistem kekebalan tubuh anak.

Ibu yang mengalami kecemasan berlebihan berpengaruh terhadap melemahnya sistem kekebalan bayi ketika berusia enam bulan, ungkap penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Brain, behaviour, and Immunity.

“Kami menemukan bahwa kecemasan yang dialami ibu ketika hamil bisa menurunkan efektivitas imunisasi pada anak ketika berusia enam bulan,” ungkap peneliti Tom O’Connor, profesor dari University of Rochester Medical center, seperti dilansir oleh Fox News (24/06).

Kesimpulan ini didapatkan peneliti setelah mengamati 210 orang ibu hamil berusia 20 – 34 tahun. Mereka diminta melaporkan tingkat kecemasan yang mereka alami sejak minggu delapan hingga 32 masa kehamilan. peneliti juga memeriksa sampel air liur dari para ibu hamil untuk mengukur hormon stres.

Setelah itu peneliti memberikan vaksin hepatitis B pada bayi setelah mereka lahir, pada usia tiga bulan dan enam bulan. Pada usia enam bulan bayi mulai menampakkan perbedaan. Mereka yang memiliki ibu dengan tingkat kecemasan tinggi menunjukkan respon sistem imun yang lebih rendah.

Peneliti telah menghitung faktor lain seperti obesitas yang dialami ibu saat hamil, komplikasi kehamilan, dan cara melahirkan. Meski begitu, efek kecemasan pada bayi ini mulai menghilang ketika anak mendapatkan dosis imunisasi lengkap.

loading...

Bacaan Terkait: