Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Ternyata Minum Kopi Mampu Turunkan Risiko Diabetes Tipe-2

Kategori Dunia: Obat-obatan

Powered by: id.neuvoo.com

Manfaat Minum Kopi untuk Turunkan Risiko Diabetes Tipe-2. Kabar baik untuk para penggemar kopi. Sebuah penelitian mengungkap bahwa minum lebih dari segelas kopi setiap hari selama empat tahun bisa menurunkan risiko diabetes. (Baca juga: Manfaat Positif Minum Kopi)

Sementara orang dewasa yang mengonsumsi lebih sedikit kopi setiap hari mengalami kenaikan risiko diabetes. (Baca juga: Diabetes Tipe 2 Lebih Mematikan daripada HIV Aids)

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati 123.000 orang dewasa. Peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan adanya kaitan antara dosis kopi yang dikonsumsi dengan risiko diabetes. Tim peneliti melakukan pengamatan selama tahun 1986 – 2006 dan 1991 – 2007. (Baca juga: Kupas tuntang Penyakit Diabetes)

Peneliti menemukan bahwa orang yang meningkatkan konsumsi kopinya lebih dari satu cangkir selama empat tahun mengalami penurunan risiko terkena diabetes tipe-2 hingga 11 persen. Sementara orang yang mengonsumsi kurang dari satu cangkir kopi setiap hari mengalami kenaikan risiko mengalami diabetes hingga 17 persen.

“Pada dasarnya, mengonsumsi lebih banyak kopi akan menurunkan risiko diabetes tipe-2. Orang yang mengonsumsi tiga sampai lima gelas kopu setiap hari sehari diketahui mengalami penurunan risiko terkena diabetes tipe-2,” ungkap Dr Frank Hu, ketua peneliti, seperti dilansir oleh (24/04).

Meski begitu, bukan berarti orang bisa mengonsumsi kopi dalam jumlah yang sangat banyak tanpa berhati-hati. Hu mengingatkan bahwa orang masih harus waspada dengan kafein yang ada dalam kopi. Kafein yang berupa stimulan bisa mempercepat detak jantung dan membuat orang susah tidur.

Hu juga mengungkap bahwa peneliti tak yakin komponen apa dalam kopi yang bisa menurunkan risiko diabetes tipe-2. Peneliti memperkirakan bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh antioksidan dan nutrisi yang ada dalam kopi dan bisa menurunkan risiko diabetes. Penelitian ini juga tak menunjukkan kaitan langsung antara meminum kopi dengan tingkat insulin. Sementara insulin sendiri digunakan untuk menandai penyakit diabetes.

Menurut Hu, orang tak bisa mengandalkan kopi sepenuhnya untuk menangkal diabetes. Orang harus tetap memperhatikan pola makan, gaya hidup, dan rajin berolahraga untuk bisa terhindar dari penyakit gula tersebut.

loading...

Bacaan Terkait: