Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Ternyata Wanita yang Tinggal Dekat Ibunya Lebih Cepat Hamil

Kategori Dunia: Kehamilan

Powered by: id.neuvoo.com

Wanita yang Tinggal Dekat Ibunya Lebih Cepat Hamil. Kehamilan merupakan kabar bahagia bagi pasangan dan orangtua. Jika Anda sulit hamil, mungkin Anda bisa coba tinggal dekat ibu Anda karena penelitian menunjukkan kalau wanita yang tinggal dekat dengan ibunya bisa lebih cepat hamil.

Mungkin karena pemikiran psikologis yang didukung anggota keluarga terdekat sehingga meningkatkan kesuburan wanita, hasil penelitian malah mengejutkan bahwa ternyata kehamilan sangat dipengaruhi keluarga.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Essex ini, mencatat kalau alasan lainnya adalah pengaruh besar ibu yang memberikan tekanan besar pada wanita untuk memiliki anak.

Seperti Dunia Baca dot Com sadur dari laman liputan6, yang dilansir dari Dailymail, bahwasanya para peneliti percaya bahwa kedekatan hubungan ibu dan anak membantu kondisi psikologis wanita.

Studi yang melibatkan 2.000 wanita ini meminta para wanita untuk mencatat kesuburan, status gaya hidup, kesehatan, dan kehidupan sosial mereka termasuk pertanyaan tentang hubungan wanita tersebut dengan keluarga dan teman-temannya.

Hasil studi ini juga membuat wanita kaget karena para wanita yang lebih cepat hamil justru mereka yang dekat dengan keluarganya, bukan hanya untuk anak pertama tapi juga untuk anak-anak berikutnya.

Dr Paul Mathews dari Universitas Essex mengatakan kalau dirinya terkejut karena dirinya menemukan dampak yang signifikan bagi wanita yang tinggal jauh dan dekat dengan orangtuanya.

“Kami berpikir kalau mungkin antara hamil dan keluarga ada hubungan, tapi kami terkejut bahwa hubungan tersebut justru jauh dari faktor latar belakang sosial dan ekonomi. Diperkirakan kalau wanita yang dekat dengan ibunya bisa meningkatkan kesuburan seorang wanita saat ia merasa lebih tenang secara psikologis,” jelasnya.

“Kami membandingkan dua wanita muda yang memiliki pendapatan yang sama, pendidikan, agama, etnis, namun tetap saja wanita yang lebih dekat dengan keluarganya justru merasa lebih mudah untuk memiliki anak,” tambah Matthews.

“Kita tahu kalau memiliki kerabat di sekitar kita memang menguntungkan dalam hal memiliki anak, baik di negara berkembang dan di Eropa. Kami terkejut bahkan dalam pengaturan yang sangat berbeda, masyarakat berteknologi maju modern seperti Inggris, kita masih melihat pola yang sama,”ujarnya.

Mumsnet Pendiri Justine Roberts juga mengatakan kalau dukungan dari keluarga sangat penting untuk kesejahteraan ibu setelah mereka melahirkan.

loading...

Bacaan Terkait: