Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Cara Aman Atasi Nyeri Haid

Kategori Dunia: Menstruasi

Cara Aman Atasi Nyeri Haid. Mengalami nyeri saat menstruasi menjadi masalah umum kaum perempuan setiap bulannya. Kadar nyeri juga berbeda pada setiap perempuan.

Ada yang merasakan nyeri skala ringan, hingga nyeri berat sampai menganggu bahkan tak mampu menjalani aktivitas sehari-hari.

Perempuan punya banyak pilihan mengatasi nyeri saat menstruasi ini. Dari cara alami hingga bantuan obat-obatan atau minuman tertentu yang katanya bisa memberikan solusi.

Aktris Revalina S Temat mengakui ia tak mengonsumsi obat atau jamu apa pun untuk mengatasi rasa nyeri saat haid.

“Cukup minum air putih yang banyak,” ungkapnya saat peluncuran varian baru pembalut wanita di XXI Club Djakarta Theatre, Jakarta.

Dalam sesi talkshow di kegiatan yang sama, dr Susie Rendra, SpKK dari RS Pondok Indah-Puri Indah Jakarta mengatakan sebenarnya tak perlu obat tertentu untuk mengatasi nyeri saat haid.

“Rasa nyeri pusatnya semua di pikiran, kalau sakitnya dirasakan akan terus terasanya nyeri. Mengatasi nyeri perut saat menstruasi atau dismenore bisa dengan mengubah pola pikir atau melakukan aktivitas yang sehat,” jelasnya.

Ia menyarankan, carilah aktivitas yang bisa mengalihkan pikiran dari rasa nyeri. Aktivitas yang paling disarankan berolahraga.

Meski begitu, jika Anda selalu mengalami dismenore bahkan berlebihan hingga terkendala dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, dr Susie mengatakan tak ada salahnya memeriksakan diri.

“Dismenore berlebihan dan sering terjadi bisa juga disebabkan endrometriosis. Berlebihan di sini maksudnya nyeri saat haid sangat menganggu. Setiap kali haid, hanya bisa berbaring, nyeri perut sangat menyiksa sehingga tidak bisa beraktivitas,” jelasnya.

Jika dismenore berlebihan selalu Anda alami setiap kali menstruasi, sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan, sarannya.

Bagaimana dengan Anda? Cara apa yang paling ampuh dilakukan saat nyeri hebat datang kala menstruasi?

loading...

Bacaan Terkait: