Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Cara Membuat Taman Bongkar Pasang “Portable Garden”

Kategori Dunia: Desain Exterior

Powered by: id.neuvoo.com

Desain Portable Garden – Taman Bongkar Pasang. Ketika Anda bosan dengan tema taman yang itu-itu saja, taman bongkar pasang atau taman portable dapat dijadikan pilihan untuk mengatasinya. Selain untuk ganti suasana, menikmati keindahan taman bisa membantu menenangkan pikiran dan meredam kepenatan.

Untuk itu, sempatkan waktu senggang Anda untuk menata tampilan taman, terutama taman bongkar pasang. Kelebihan jenis taman ini adalah tanamannya mudah diganti sehingga memberikan nuansa yang berbeda dan tidak membosankan.

Berikut adalah beberapa hal yang patut Anda perhatikan dalam Membuat Portable Garden atau Taman Bongkar Pasang.

  1. Konsep Taman Portable
    Konsep taman portable sebenarnya sederhana saja, karena hanyalah sebuah taman yang terdiri dari tanaman-tanaman dalam pot yang bisa diatur sedemikian rupa dan yang pasti semua tanaman tidak ada yang permanen tertanam dalam tanah pekarangan. Jadinya tanaman bisa dipindahkan kapan kita mau.

    Kesediaan lahan yang sempit membuat taman bongkar pasang bisa menjadi solusi yang tepat agar halaman tampak indah. Tak perlu perancang taman untuk mendandaninya, kita bisa berkreasi sendiri karena hal ini sangat menyenangkan. Tinggal kita ingin memilih taman dengan tema monokromatik/sewarna atau polikromatik/warna warni.

    Jika memang menginginkan taman bongkar pasang pastinya tanaman yang banyak digunakan adalah tanaman hias di tanam dalam pot. Namun amati terlebih dahulu apakah ada beberapa tanaman permanen dan dekorasi taman yang tidak bisa dipindahkan didaerah yang ingin dibuat taman bongkar pasang. Sebetulnya kita sering melihat taman bongkar pasang saat acara resepsi pernikahan, didepan pelaminan. Taman bongkar pasang ditampilkan. Ini bisa menjadi inspirasi untuk menemukan tema bagi taman bongkar pasang dirumah.

  2. Memilih Tanaman untuk Taman Portable
    Banyak tanaman hias daun dan tanaman hias bunga dalam pot yang dapat digunakan seperti adenium dengan bunga yang bermacam-macam warna, gelombang cinta, anturium, tanaman dari golongan aglaonema, puring-puringan, pakis-pakisan dapat juga diselingi dengan beberapa golongan anggrek seperti Cattleya, dendrobium, vanda dan anggrek bulan. Dengan warna warni tanaman membuat tema polikromatik tampil lebih mengesankan, karena permainan warna warni tanaman hias tersebut.
  3. Mengatur Taman Bongkar Pasang
    Sekarang tinggal memikirkan bentuk atau model taman yang akan dibuat, bundar, persegi, besar atau kecil area yang akan digunakan. Ketika sudah menentukannya maka langkah berikutnya yaitu melakukan penataan.

    Jangan lupa pilih tanaman yang beraneka-ragam, mulai dari yang besar, sedang dan tanaman kecil. Setelah itu, susun tanaman menurut urutan besarnya. Tanaman yang besar berada di belakang,sedangkan tanaman yang kecil di bagian depan sehingga tidak tertutup oleh tanaman di depannya.

  4. Aksesoris Taman Portable
    Tambahan aksesoris taman dapat menjadikan taman tampil lebih menawan. Tanaman hias memang membuat taman terlihat indah. Tapi bila hanya berhias bunga dan tanaman hias saja, taman terlihat kurang hidup.

    Agar taman terlihat artistik, tambahkan berbagai ornamen. Seperti gentong dan patung, susunan batu hias atau aksen bebatuan aneka bentuk dan warna boleh juga digunakan di sekitar tanaman. Ragam bentuk pot yang digunakan dapat memberi kesan kontras dengan aksesoris lain. Tambahan bangku taman, serta lampu taman yang dapat membuat suasana taman terlihat lebih romantis di malam hari.

    Pilihan aksesoris taman yang tepat akan membuat taman lebih indah. Tapi aksesoris yang dipakai harus disesuaikan dengan tema dan luasan taman. Kita harus cermat menata aksesoris-aksesoris taman tersebut agar tak terlihat ganjil.

    Pemakaian aksesoris taman yang terlalu berlebihan justru akan membuat taman tak terlihat indah. Ubahlah letak tanaman pot dan aksesorinya secara periodik. Misalnya sebulan sekali, agar taman bongkar pasang kita selalu tampil baru.

loading...

Bacaan Terkait: