loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Kategori Dunia: Ibu dan Anak, Obat-obatan

Tips Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi. Berbicara mengenai biang keringat, tentu hal ini sangat mengganggu dan membuat suasana bayi tidak nyaman. Biang keringat sendiri merupakan salah satu penyakit kulit yang paling banyak menyerang bayi dan anak-anak.

Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya biang keringat pada tubuh seorang bayi atau anak. Dan penyebab utama dari biang keringat adalah tersumbatnya pori-pori tubuh karena udara terlalu panas, lembab juga keadaan kulit yang tak bersih.

Dilansir dari laman vemale, bercak merah dan juga bercak putih kasar merupakan ciri umum dari biang keringat. Biang keringat ini biasa terjadi bukan hanya pada kening atau wajah, tetapi juga kerap terjadi pada tangan, leher, punggung dan dada bayi.

Biang keringat yang telah parah, bisa saja memicu timbulnya masalah kulit yang lebih serius. Sebelum biang keringat menjadi masalah kulit yang lebih serius, orang tua perlu memastikan bahwa biang keringat teratasi dengan baik. Berikut adalah cara mudah mengatasi biang keringat.

Gunakan Obat Alami
Obat alami untuk mengatasi biang keringat pada bayi bisa Anda buat sendiri di rumah. Caranya cukup mudah. Campur sdm tepung tapioka dengan sedikit air lalu oleskan pada kulit bayi yang mengalami biang keringat. Tepung tapioka memiliki sifat mendinginkan kulit, sehingga tidak heran jika ia bisa menjadi obat alami biang keringat.

Minyak Telon
Selain mampu menghangatkan tubuh dan kulit, minyak telon juga memiliki manfaat sebagai obat biang keringat. Oleskan minyak telon secara merata ke kulit bayi yang mengalami biang keringat. Tunggu beberapa waktu dan biarkan biang keringat teratasi dengan sendirinya.

Perhatikan Kenyamanan Baju Bayi Anda
Berikan baju yang nyaman, mudah menyerap keringat, longgar serta terasa sejuk bagi tubuh buah hati Anda. Pastikan untuk memberikan buah hati Anda pakaian yang nyaman. Gantilah pakaian dan popok bayi minimal 2 kali dalam sehari. Pastikan bahwa pakaian untuk buah hati Anda bersih dan terbebas dari kuman serta virus penyebab biang keringat. Berikan pakaian yang tidak terlalu ketat ataupun pakaian yang terlalu longgar.

Perhatikan Sirkulasi Udara
Pastikan udara di rumah Anda mendapatkan sirkulasi udara yang baik agar tidak panas atau lembab. Ketika udara panas, berikan kipas angin atau nyalakan AC agar tubuh bayi tetap segar. Sebaliknya, jika udara sedang dingin, pastikan bahwa buah hati Anda dalam keadaan hangat.

Itulah beberapa tips mudah mengatasi biang keringat pada bayi. Agar tak terjadi biang keringat, pastikan bahwa buah hati Anda selalu dalam keadaan bersih. Mandikan setidaknya dua kali sehari pagi dan sore. Jika biang keringat tak segera sembuh, periksakan buah hati Anda ke dokter atau rumah sakit terdekat dan mintalah resep darinya.

loading...

Bacaan Terkait: