Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Cara Menyaksikan Gerhana Matahari Total 2016

Kategori Dunia: Tahukah Anda?

Powered by: id.neuvoo.com

Tips Cara Melihat Gerhana Matahari Total 2016. Momen gerhana matahari total yang akan terjadi pada Rabu (9/3/2016) telah menjadi perbincangan banyak orang. Momen yang hanya terjadi setiap 300 tahun sekali ini, digadang-gadang akan menjadi sebuah event yang dapat menarik banyak wisatawan untuk datang ke Indonesia.

Gerhana matahari total 2016 akan melewati 12 daerah di Indonesia, seperti Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara serta sejumlah kota besar seperti; Palembang, Tanjung Pandang, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Ternate, dan Sofifi. Walaupun hanya akan terjadi selama 2 sampai 3 menit, namun daerah-daerah ini telah mempersiapkan berbagai acara menarik untuk menyambut momen gerhana matahari total ini, seperti daerah Palembang yang akan menutup jembatan Ampera selama 24 jam agar wisatawan dapat lebih menikmati momen yang jarang terjadi ini.

Namun, berbagai daerah lainnya juga tak kalah menarik dalam mempersiapkan momen langka yang satu ini. Ringkasan dari berbagai acara menarik yang telah disiapkan adalah night glowing run, ritual komunitas supranatural, performance budaya, festival lomba foto internasional, pertunjukan barongsai, pelepasan lampion, dan tur edukasi untuk anak-anak.

Kementerian Pariwisata juga telah bekerjasama dengan beberapa pelaku usaha pariwisata, diantaranya PT. Pelni. PT. Pelni telah merencanakan untuk menyediakan 3 kapal besar sebagai hotel terapung di Bangka Belitung, Palu, dan Ternate bagi para wisatawan yang ingin menikmati gerhana matahari total dari atas laut. Selain PT. Pelni dan Kementrian Pariwisata juga menyediakan paket tur yang dinamakan eclipse regatta.

“Untuk eclipse regatta sudah ada 4 cruise yang mendaftarkan diri untuk dapat melintasi Indonesia saat momen gerhana matahari total berlangsung, yaitu Orion Cruise milik National Geographic, Caladonian Cruise, Coral Princes.s Cruise, dan Peter Deilmaaan Cruise,” jelas Arief Yahya, Menteri Pariwisata saat ditemui di acara Jumpa Pers Gerhana Matahari Total, Senin (25/1/2016).

Wilayah Indonesia yang diperkirakan akan mengalami gerhana matahari total terlama adalah di Mabak, Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara, dengan durasi 3 menit 17 detik. “Memang semakin ke timur akan semakin lama durasinya. Di wilayah timur Indonesia diperkirakan terjadi pada pukul 9.50 WIB,” jelas Arief Yahya.

Gerhana matahari adalah suatu momen alam, saat piringan matahari tertutup oleh piringan bulan dari bagian atas, yang kemudian piringan bulan akan turun sampai menutupi matahari seluruhnya. Di sinilah Anda akan dapat menyaksikan Korona Matahari, sebagai momen yang paling ditunggu-tunggu.

Pada dasarnya, semua wilayah Indonesia akan mengalami gerhana matahari, namun hanya 12 daerah di atas yang akan mengalami gerhana matahari total. Di wilayah selatan dan utara dari jalur gerhana, pada saat puncak terjadinya gerhana matahari total, Anda akan melihat matahari dalam bentuk sabit.

loading...

Bacaan Terkait: