Tips Cara Merawat Kelamin Wanita | Dunia Baca dot Com

You are here:

Tips Cara Merawat Kelamin Wanita

Capai Sukses

Tips Cara Merawat Vagina atau Kelamin Wanita. Alat kelamin wanita sangat rentan terserang virus dan jamur, maka tak heran perawatan untuk menjaga alat vital wanita lebih rumit ketimbang pria.

Secara signifikan, kondisi abnormal vagina mempengaruhi kesehatan reproduksi dan seksual. Untuk itu, dengan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan vagina dapat mencegah terjadinya masalah pada vagina.

Sebagaimana Dunia Baca dot Com kutip dari laman detik yang dilansir dari Womenhealthzone, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan dan kebersihan vagina.

Pesan Sponsor

Semoga dengan mempelajari tips cara merawat dan menjaga vagina atau kelamin wanita berikut ini, diharapkan Anda selalu terjaga dari masalah-masalah penyakit kelamin dan tentunya tetap sehat.

  1. Selalu pakai celana dalam berbahan katun
    Katun merupakan kain terbaik yang sesuai untuk semua jenis kulit. Dengan menggunakan celana dalam katun, memungkinkan organ genital untuk menghirup udara segar dan selalu membantunya tetap kering.
  2. Keringkan setelah buang air kecil atau besar
    Setelah Anda selesai buang air kecil atau besar, biasakan selalu mengeringkan organ intim dengan tisu atau handuk. Hal ini dapat menghindari perkembangbiakkan bakteri di dalam dan sekitar vagina.
  3. Basuh vagina dengan air besih dan mengalir
    Untuk menghindari masuknya bakteri dan jamur, basuhlah organ intim dengan air bersih dari arah depan ke belakang (vagina ke anus). Selain itu, selalu gunakan air yang mengalir atau berasal dari kran jika berada di toilet umum.
  4. Jangan menggaruk organ intim
    Jangan pernah menggaruk bila Anda mengalami gatal atau iritasi pada organ vagina. Cobalah gunakan kain katun lembut dan air hangat untuk membuatnya lebih baik. Hal ini dapat menghindari penyebaran infeksi ke organ lain pada vagina.
  5. Sering-sering ganti pembalut
    Kebersihan pada saat siklus menstruasi sangatlah penting untuk menghindari masalah vagina. Hindari menggunakan pembalut yang beraroma (parfum) dan mengangdung gel, karena dapat menimbulkan iritasi dan gatal pada vagina.

    Selain itu, selalu menjaga daerah vagina tetap bersih dan kering. Ganti pembalut jika terdapat gumpalan darah di atas pembalut, yang dapat menjadi tempat perkembangbiakan bakteri dan jamur.

  6. Hindari penggunaan bahan kimia
    Usahakan untuk tidak menggunakan produk tertentu seperti sabun deodoran, lotion atau produk kesehatan feminin lain yang dapat menyebabkan iritasi pada organ vagina. Terlebih lagi bila Anda memiliki alergi dengan bahan-bahan kimia.
  7. Jangan bercinta saat ada infeksi vagina
    Infeksi vagina biasanya disebabkan oleh ragi (jamur) dan menyebabkan gatal dan sakit di vagina. Infeksi ini terkadang menimbulkan nyeri atau rasa seperti terbakar ketika berkemih atau berhubungan seksual. Untuk menghindari penyebaran dan memperparah infeksi, sebaiknya hindari berhubungan seksual selama gejala infeksi masih terasa.

Itulah tips cara merawat vagina atau cara merawat organ intim wanita, semoga dapat bermanfaat. Sebagai bahan tambahan, Anda juga dapat membaca dan mempelajari cara aman membersihkan vagina.

Untuk mendapatkan bacaan terbaru dari Dunia Baca dot Com, silakan ikuti kami di Twitter dan Facebook.

Posted by         2 Responses
   

Tidak ingin ketinggalan Informasi?

Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

*Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

 

2 Comments to “Tips Cara Merawat Kelamin Wanita”

  1. CikGu naim says:

    Bagus Bangit info di sini makasih.

  2. […] dengan mempelajari tips cara merawat dan menjaga vagina atau kelamin wanita berikut ini, diharapkan Anda selalu terjaga dari masalah-masalah penyakit […]

Page 1 of 11
NOTE:
* Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

Nov
4
2012
 
Kategori Bacaan