Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Jitu Agar Anak Mau Tidur Sendiri

Kategori Dunia: Ibu dan Anak
[neuvoo_jobroll co=id lo=Jakarta kw=Marketing size=20]

Tips Cara Agar Anak Berani Tidur Sendirian. Takut tidur sendirian adalah masalah yang paling sering dihadapi anak-anak. Mereka mempunyai imajinasi jika tidur sendirian dapat membahayakan dirinya atau diganggu hantu.

Sebagai orang tua, Anda tentu menginginkan anak menjadi mandiri dan bisa tidur sendiri tanpa harus ditemani setiap saat. Simak tips membuat anak berani tidur sendiri. Silakan simak baik-baik.

Rencanakan sebelumnya
Jangan minta anak Anda untuk tidur sendirian secara mendadak. Sebagai langkah pertama, buatlah anak untuk tertidur sendirian bahkan ketika mereka tidur dengan Anda.

[neuvoo_jobroll]

Kemudian, biarkan mereka tidur di siang hari sendirian di sebuah ruangan. Ketika anak-anak menjadi akrab dengan kamar mereka, baru membiarkan tidur sendirian di malam hari.

Menjamin keamanan
Membiarkan anak Anda tidur sendiri tidak berarti harus ada jarak di antara Anda dan anak. Anda harus membuat si anak merasa bahwa Anda berada di sana. Anda dapat mencoba untuk menengok si kecil tiap 10 menit. Katakan kepada mereka bahwa Anda akan datang setiap 10 menit dan melakukannya sampai mereka tidur. Ini akan menjadi jaminan bagi anak bahwa Anda berada di sana.

Menghabiskan waktu dalam gelap
Jika balita Anda takut kegelapan, maka menghabiskan waktu dalam kegelapan adalah satu-satunya cara untuk mengatasinya. Matikan lampu, dan habiskan waktu dengan bercerita atu mengobrol santai. Mematikan lampu juga efektif untuk memberi tahu pada mereka bahwa tidak adanya cahaya tidak akan membuat perubahan di dalam ruangan.

Menerapkan rutinitas tidur
Segelas susu hangat, menyikat gigi, mengucapkan selamat malam atau membaca cerita pengantar tidur akan membuat tidur mereka menyenangkan bukan malah menakutkan. Hal ini akan membantu anak menyadari bahwa tidur adalah bagian dari rutinitas sehari-hari mereka.

Hilangkan gangguan
Siapkan kamar yang nyaman, bantal yang empuk dan jangan sampai anak Anda jatuh dari tempat tidur. Hilangkan segala alat komunikasi atau tv di sekitar kamar agar tak mengganggu tidur malamnya.

Biarkan mereka tertidur sendiri
Kesalahan yang paling umum dilakukan oleh orang tua adalah memaksa anak untuk segera tertidur. Hal ini membuat anak tidak nyaman. Biarkan mereka tidur pulas dengan sendirinya.

Cara tersebut bisa melatih anak Anda agar berani tidur sendirian. Mulai sekarang latih anak Anda agar berani dan tidak manja. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba

loading...

Bacaan Terkait: