loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Kesehatan ‘Tetap Sehat Dimanapun dan Kapanpun’

Kategori Dunia: Kesehatan

Tips Sehat Hari iniTips Kesehatan. Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga dibandingkan dengan lainnya. Bayangkan, jika Anda tidak dalam kondisi sehat, apapun yang Anda punya maka semua itu tidak dapat Anda nikmati. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mempelajari tips cara hidup sehat.

Dan berikut ini adalah Tips Kesehatan Agar tetap Sehat Dimanapun dan Kapanpun Anda berada.

“Membaca buku secara teratur dapat melatih otak Anda. Saat membaca, Anda berpikir lebih untuk banyak hal dan dengan demikian Anda akan menjadi lebih cerdas.”


“Jagung dapat memperkuat tulang dan gigi karena mengandung vitamin, mineral dan serat yang sehat. Ada 2 jenis mineral dalam jagung yang bermanfaat membuat gigi dan tulang kuat, yaitu magnesium dan fosfor.”


“Jika sering mengantuk di pagi hari, mungkin sarapan yang Anda makan salah. Cobalah ganti menu sarapan dengan telur rebus terutama bagian putih telur. Protein yang terkandung didalamnya membantu Anda tetap terjaga dan merasa waspada.”


“Cara gampang jadi langsing adalah menguyah makanan dengan lebih lambat. Otak butuh waktu 20 menit untuk menyadari bahwa perut sudah kenyang. Jadi, jika Anda mengunyah dengan cepat maka kalori yang masuk ke tubuh akan semakin banyak hingga Anda mendapatkan sinyal bahwa perut sudah kenyang.”


“Rokok tak hanya menyebabkan penyakit serius seperti jantung, paru-paru atau kanker, tetapi juga membuat rambut rontok yang berpotensi mempercepat kebotakan. Merokok telah ditemukan dapat meningkatkan kadar hormon yang bertanggung jawab untuk kerontokan rambut pada pria.”


“Sumber protein yang bermanfaat meningkatkan kinerja otak adalah ikan, terutama yang kaya asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pembangunan otak. Lemak sehat ini sangat luar biasa untuk meningkatkan daya otak.”


“Menyilangkan kaki dapat membantu menahan buang air kecil saat sedang berdiri. Jangan menyilangkan kaki jika sedang dalam keadaan duduk, tapi cobalah menyilangkannya dengan sedikit diangkat (gaya duduk laki-laki). Hal ini dapat menekan kandung kemih.”


“Jangan mengunyah permen karet jika ingin diet, karena dapat menstimulasi lambung dan memproduksi air liur. Air liur yang diproduksi saat mengunyah akan turun ke perut dan perut akan berpikir bahwa ada makanan yang akan untuk dicerna, sehingga membuat Anda merasa lapar.”


“Mengunyah apel 4 kali lebih merusak gigi ketimbang minum soda karena tingkat asamnya tinggi. Untuk mencegahnya, makan apel dengan keju atau susu yang mengandung kalsium, minum air putih segera setelah makan apel, minum jus apel dengan sedotan atau sikat gigi sebelum makan apel.”


“Cairan yang berpotensial mengandung virus HIV adalah darah, cairan sperma, cairan vagina dan air susu ibu. Hindari HIV-AIDS dengan cara melakukan hubungan seks aman dengan tidak gonta-ganti pasangan, penggunaan kondom, jarum suntik steril, tidak saling meminjam silet, pisau cukur dan sikat gigi, transfusi darah sehat dan pemberian ASI sehat.”


“Minum air sebelum, selama dan sesudah olahraga dapat membantu mencegah otot mengalami kram. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan menjaga pelumasan sendi dan otot.”


“Penurunan risiko serangan jantung bisa dilakukan dengan cara olahraga. Cukup 3 jam dalam seminggu melakukan olahraga, pria sudah bisa terhindar dari serangan jantung.”


“Berjalan kaki 20 menit sehari selama 5 hari per minggu dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan merupakan cara terbaik untuk memperbaiki sirkulasi antibodi dan sel darah putih.”


“Jika Anda memiliki kulit berminyak, cobalah gunakan setengah sendok teh air jeruk dicampur dengan setengah sendok teh jus mentimun pada wajah 30 menit sebelum mandi. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi minyak berlebih di wajah.”


“Gantilah nasi putih dengan beras merah. Serat dalam beras merah dapat menurunkan risiko diabetes, kadar kolesterol dan membantu Anda untuk memenuhi tujuan penurunan berat badan.”


“Untuk meningkatkan energi, minumlah secangkir teh di pagi hari. Teh mengandung L-theanine dan kafein, yang dalam kombinasi tepat dapat meningkatkan kewaspadaan, memori dan kesigapan Anda.”


“Stres benar-benar bisa mengubah warna rambut menjadi putih atau beruban. Memang munculnya uban dipengaruhi banyak faktor tapi nyatanya stres juga memicu perubahan produksi hormon melanin yang membuat jumlah pigmen berkurang sehingga rambut menjadi tampak putih.”


“Makan makanan laut bisa menjadi cara ampuh untuk meredakan flu. Selenium banyak terkandung dalam kerang, lobster, dan kepiting. Fungsinya membantu sel darah putih memproduksi protein sitokin yang membantu virus flu keluar dari tubuh”


“Kedelai banyak protein dan kaya nutrisi, salah satunya sumber asam amino yang dikenal sebagai triptofan. Triptofan dapat membantu mendorong kantuk dan menyediakan komponen yang berguna untuk camilan tidur.”


“Kurang tidur, kelelahan dan stres bisa menurunkan kewaspadaan otak yang dapat menyebabkan orang mengantuk dan kurang konsentrasi. Tidur pendek (napping) 20-40 menit saat waktu istirahat bisa kembali menyegarkan otak dan mengurangi kelelahan.”


“Jalan kaki secara teratur tiap pagi dapat meningkatkan semangat, suasana hati dan menurunkan kadar stres. Jalan kaki membuat tubuh mengeluarkan endorfin, yaitu hormon yang membuat orang merasa bahagia.”


“Pepaya kaya akan vitamin C yang berguna dalam menjaga kulit yang sehat. Selain itu pepaya juga membantu dalam evakuasi tinja yang secara tidak langsung membuat kulit jadi bersih dan cerah.”


Itulah tips kesehatan, tips sehat tetap sehat dimanapun dan kapanpun Anda berada. Mudah-mudahan dengan mengamalkan tips kesehatan diatas dapat menjadikan hidup kita lebih sehat dan sehat.

loading...

Bacaan Terkait: