Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri

Kategori Dunia: Kesehatan, Wanita

Tips Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri. Saat ini kanker payudara tak hanya mengintai mereka yang memiliki sejarah keluarga dengan kanker payudara atau lainnya. Kanker payudara juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan atau bahkan gaya hidup yang tak sehat.

Menopause dan masa uber juga diketahui menentukan risiko seseorang terkena kanker payudara. Mengenali gejala kanker payudara sejak awal sangat penting, karena semakin cepat diketahui maka semakin tinggi juga kemungkinan untuk sembuh dari kanker tersebut.

Selain melakukan pemeriksaan ke dokter, para wanita juga bisa melakukan pemeriksaan pada payudara mereka sendiri. Cara untuk memeriksa payudara pun cukup mudah dan bisa dilakukan setiap hari.

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk melakukan pemeriksaan terhadap payudara, seperti dilansir oleh Mag for Women.

  1. Mencari banyak informasi kanker payudara
    Langkah pertama dan terpenting untuk dilakukan adalah mengetahui seluk beluk kanker payudara, mulai dari penyebab hingga gejala-gejalanya. Dengan mengetahui gejala kanker payudara yang jelas, Anda bisa dengan mudah mencari gejala tersebut saat melakukan pemeriksaan. Carilah beberapa tanda seperti benjolan, perubahan warna pada puting, dan gejala lainnya.
  2. Berdiri di depan kaca dan lakukan pemeriksaan
    Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk memeriksa payudara adalah dengan berdiri di depan kaca dan melakukan pemeriksaan dengan menyentuh payudara. Angkat tangan dan lihat payudara dengan seksama jika terdapat perubahan. Selain itu, gerakkan tangan dengan cara memutar di sekitar payudara untuk merasakan adanya benjolan.
  3. Memeriksa sambil terlentang
    Jika Anda terlalu malu untuk berdiri di depan kaca dan melihat payudara sendiri, Anda bisa melakukannya sambil tiduran dan terlentang. Mulai dengan tidur terlentang menghadap ke atas, kemudian rasakan payudara Anda. Perhatikan jika ada benjolan atau cairan yang keluar dari puting.
  4. Belajar dari ahli dan pengalaman orang lain
    Tak ada salahnya bertanya pada ahli untuk lebih mengenali gejala kanker payudara yang tersembunyi. Begitu juga mendengarkan pengalaman dari orang yang pernah terkena kanker payudara. Melakukan pemeriksaan diri sendiri sebenarnya cukup mudah, namun jika masih ragu Anda bisa belajar dari para ahli dan orang yang berhasil sembuh dari kanker payudara tersebut.

Kanker payudara memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk sembuh di tahap-tahap awal, untuk itu sangat penting untuk mengenali gejalanya sedini mungkin. Dengan empat langkah di atas, tak sulit bukan untuk pemeriksaan kanker sendiri?

loading...

Bacaan Terkait: