Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Memilih Bentuk Dapur yang Pas dan Nyaman

Kategori Dunia: Desain Interior

Tips Memilih Bentuk Dapur agar Nyaman. Dapur kini bukan area tertutup milik si pemilik rumah saja karena aktivitas selain memasak bisa dilakukan di sini. Misalnya, acara makan bersama anggota keluarga atau sekadar berkumpul bersama teman sembari bercerita di dapur rasanya tak kalah menyenangkan.

Meski demikian, hal utama untuk mengolah area dapur menjadi tempat mengasyikkan adalah seberapa besar luasannya. Jangan sampai, demi memaksakan beragam aktivitas, malahan membuat fungsi utama dapur terpinggirkan.

Jadi, tak ada salahnya Anda melihat ulang luas dapur, kemudian mencocokkan dengan ragam bentuk dapur berikut ini.

Dapur “single line”
Dapur dengan model ini membentuk satu garis lurus, di mana dapur kotor dan dapur bersih menyatu. Jenis dapur single line biasanya paling pas diterapkan pada hunian apartemen atau rumah dengan dapur mungil. Bila ingin menambah aktivitas, tambahkan minibar dilengkapi dua sampai tiga stool sebagai tempat duduk.

Dapur “double line”
Di dalam dapur ini, dapur kotor dan dapur bersih terletak pada dua sisi berlawanan. Dengan dipisahkan, aktivitas memasak yang berbeda tetap bisa dilakukan di area dapur. Model ini cocok diterapkan untuk rumah dengan bentuk yang memanjang. Bila hendak menambah aktivitas, Anda bisa menambahkan meja dan beberapa buah kursi pada bagian tengah, tapi perhatikan luas dapur Anda apakah penempatannya cukup memungkinkan.

Dapur bentuk “L”
Model dapur “L” biasanya diterapkan pada rumah dengan area dapur yang terbatas. Bentuk L dengan sendirinya dapat memisahkan posisi dapur kotor dan dapur bersih, tergantung bagaimana Anda menyukai sisi sebelah mana.

Dapur bentuk “U”
Model dapur “U” biasanya memakai tiga sisi dinding, atau dua sisi dinding kemudian ditambah minibar di bagian ketiga. Model ini biasanya di ruang yang cukup luas, tentunya dengan kegiatan memasak yang lebih kompleks.

Dapur “island”
Model dapur ini membawa kesan eksklusif pada area luas. Peralatan dapur seperti kompor, oven, dan cooker hand bisa diletakkan terpisah dari perangkat dapur lainnya. Aplikasi model dapur ini biasanya ditambah dengan meja di tengah, di mana fungsinya sebagai tempat penyajian makanan sekaligus ruang makan.

loading...

Bacaan Terkait: