Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Memilih Buah Durian Yang Enak

Kategori Dunia: Kuliner

Powered by: id.neuvoo.com

Tips Memilih Durian Yang Matang Ciri-ciri Durian/Duren Yang Enak. Buah Durian atau Duren dan/atau bauh Kadu merupakan buah musiman yang sekarang ini dapat di panen lebih dari satu kali dalam setahun. Setiap orang mempunyai caranya sendiri dalam memilih buah durian yang matang dan enak.

Memilih buah yang enak sangatlah penting apabila penjual menjual buah sebagaimana adanya, tanpa boleh dibuka. Namun sekarang penjual durian umumnya mau membuka buah tersebut untuk membuktikan isinya.

Dengan cara ini, keahlian dalam memilih buah durian yang matang dan enak rasanya pun menjadi kurang penting.

Meskipun demikian, Anda harus benar-benar jeli dalam memilih buah durian. Ya meskipun sudah dibuktikan dengan membukanya, namun belum tentu semua isinya itu akan bagus dan enak rasanya.

Untuk itu, bagi Anda yang hobby akan buah durian, silakan baca dan pelajari cara memilih buah durian yang matang dan enak rasanya agar Anda tidak kecewa, seperti Dunia Baca dot Com sadur dari berbagai sumber.

  1. Pilihlah durian yang bentuknya bulat.bentuk bulat menandakan daging buahnya besar dan banyak.durian lonjong atau tidak bulat biasanya hanya memliki daging buah sedikit.
  2. Pilihlah durian berjuring lima.buah durian memiliki juring (kamar-kamar) yang diisi biji dan daging buah juring bisa dilihat dari permukaan kulitnya, berupa garis dari bagian atas sampai bagian bawah buah-buah durian yang ideal memiliki lima juring karena daging buah biasanya lebih banyak ketimbang durian yang memiliki 6 juring atau lebih.
  3. Jangan memilih durian yang sudah terbuka kulitnya.perhatikan bagian bawah durian,apakah sudah terbuka atau belum.bila sudah terbuka atau menganga,berarti durian sudah “masuk angin” dan rasanya hambar.
  4. Pilihlah durian yang wangi.bau wangi menandakan bahwa durian telah itu matang.tapi jangan terkecoh bau wangi yang bukan dari dalam buah.pedagang kadang mencimpratkan sisa air kobokan durian ke permukaan kulitnya supaya durian itu wangi.
  5. Saat membeli pukul pukul durian dengan gagang pisau untuk mengetahui matang atau tidaknya durian.jika terdengar suara “bluk-bluk” bergema,itu tandanya durian sudah matang.tapi bila terdengar bunyi “plek-plek”itu tandanya durian belum matang
  6. Pilih durian yang tangkainya pendek atau lebar.bentuk tangkai bisa menggambarkan tipis atau tebalnya daging buah.jika ia kecil dan panjang biasanya dagingnya kecil dan sedikit.tangkai yang besar dan pendek menandakan daging buahnya banyak.tangkai ini merupakan pembuluh yang menyalurkan karbohidrat dari batang pohon.bila besar dan pendek maka asupan karbohidratnya pun besar dan cepat.daging buah pun semakin besar.
  7. Pilih buah yang durinya jarang dan pendek pendek.ini tanda bahwa daging buahnya kering.bila durinya banyak dan panjang,berarti kandungan airnya banyak sehingga daging buah biasanya lembek dan becek
  8. Pilih buah yang ringan.komponen terberat dari durian selain kulit adalah biji.durian lebih ringan biasanya lebih namyak dagingnya
  9. Jika mungkin,pilihlah durian jatuhan.durian yang jatuh langsung dari pohonnya biasanya sudah matang sempurna.namun tips ini sulit dipraktikan saat kita membeli di pedagang.karena,durian yang dijual adalah durian petik.durian petik memang jauh lebih awet ketimbang durian jatuhan.tips ini bisa dipraktikan jika kita memilih durian langsung di kebun.

OK. segitu ajah ya tips cara memilih durian yang matang danenak. Apabila cara-cara diatas tidak membuahkan hasil yang memuaskan, maka cobalah Anda menggunakan senjata pamungkas berikut ini :

Bilang sama yang jual durian “Dijamin Enak Ya Bang” dan kalo penjual durian mengiyakan, Anda bilang lagi “Kalo ga enak di Ganti Ya?”, biasanya secara spontan penjual durian pun mengiyakannya. 😀

OK Selamat Mencoba dan Menikmati Belah Duren

loading...

Bacaan Terkait: