Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Mendesain Gazebo Taman Minimalis

Kategori Dunia: Desain Exterior

Powered by: id.neuvoo.com

Tips Membuat Gazebo Taman – Desain Gazebo Minimalis. Salah satu alternatif terbaik untuk membuat tempat bersantai Anda sekeluarga yaitu membuat sebuah gazebo. Dengan adanya gazebo di rumah, Anda sekeluarga bisa menikmati suasana santai yang nyaman, tanpa harus berada jauh dari rumah.

Untuk menciptakannya, Anda dapat membuat Gazebo bambu minimalis yang bisa Anda letakkan di depan, belakang, atau samping rumah.

Tidak hanya di siang hari, malam hari pun Anda bisa menikmati waktu di gazebo bambu tersebut. Letakkan lampu di tiang, plafon, atau lantai gazebo untuk memberikan kesan yang lebih menawan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mendesain atau membuat gazebo mainimalis sebagai tempat untuk menghabiskan waktu bersantai Anda sekeluarga.

  1. Menentukan Letak Gazebo
    Gazebo dapat terletak di depan, belakang dan/atau disamping rumah atau bisa juga Anda letakkan gazebo di pinggir taman maupun di tengan taman. Kebanyakan, gazebo diletakkan di tengah taman karena akan membuat pemiliknya merasakan suasana taman dengan lebih utuh.

    Yang patut diperhatikan adalah agar gazebo tidak dibangun dibawah pohon besar atau pohon buah. Alasannya, pohon yang besar atau rimbun dapat menutupi gazebo sehingga matahari terhalang dan dapat menyebabkan atap gazebo berlumut.

    Selain itu, pada pohon besar sering terdapat binatang pengganggu seperti ulat yang akan mengganggu kenyamanan saat berada di gazebo. Pohon buah dapat merusak gazebo karena buah yang jatuh menimpanya.

  2. Menentukan Luas Gazebo
    Ukuran ideal untuk bangunan gazebo adalah minimal 2 mter x 2 meter. Mengingat gazebo akan menjadi tempat untuk berkumpul, maka dibuatkan ruangan yang cukup luas agar mereka yang ada di gazebo dapat menikmati keleluasaan tanpa harus kekurangan tempat untuk beraktifitas.
  3. Bandingkan Ukuran Gazebo dengan Taman
    Mengingat luas gazebo yang harus dipenuhi untuk kenyamanan, maka gazebo tidak cocok pada taman yang kecil. Jika Anda memiliki taman yang cukup luas, sebaiknya juga tidak membuat gazebo yang terlalu besar agar perbandingan dengan taman seimbang dan tidak membuat taman terlihat terlalu penuh.

    Perbandingan yang pas untuk gazebo adalah 1/5 dari luas taman. Dengan demikian, keindahan taman dapat lebih terekspos dan dapat dinikmati dari dalam gazebo.

  4. Elemen Pendukung
    Agar gazebo terlihat lebih indah dan memperkuat keindahan taman secara keseluruhan, Anda dapat menambahkan beberapa elemen pendukung. Misalnya dengan membuat jalan setapak menuju gazebo, menambahkan lampu sorot di dekat gazebo, maupun dengan menambahkan beberapa tanaman hias atau bunga di sekitar gazebo. Dengan demikian, keindahan taman dapat lebih terlihat.
  5. Gunakan Perabot Gazebo yang Tepat
    Untuk menambah kenyamanannya, gazebo biasa dilengkapi dengan furniture pendukung seperti meja, lemari penyimpanan, lampu, kursi dan lainnya. Letak gazebo yang berada di ruangan terbuka dan dengan sisi terbuka, mengjadikan bangunan gazebo dan perabot yang ada di dalamnya harus menghadapi teriknya matahari, guyuran air hujan, udara dingan dan berbagai macam cuaca lainnya. Oleh karenanya, agar tetap awet, perabot yang ada di gazebo sebaiknya dipilih perabot yang tahan terhadap cuaca.

Gazebo tidak hanya akan menjadi pemanis sebuah taman. Lebih dari itu, fungsinya rumah memiliki taman yang lebih nyaman dan seluruh penghuni rumah dapat merasakan keakraban dengan seluruh anggota keluarga lainnya.

Maka dari itu, menghadirkan gazebo di rumah hunian adalah ide terbaik yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

loading...

Bacaan Terkait: