loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Mengatasi Insomnia Karena Stress

Kategori Dunia: Obat-obatan
Loading...

Tips Mengatasi Insomnia Karena Stress. Susah tidur atau Insomnia banyak disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah karena stress (Baca: Penyebab Susah Tidur).

Menurut Better Sleep Council, 65 persen orang Amerika dilaporkan kehilangan jam dan kualitas tidur akibat stres.

“Stres merupakan satu-satunya hal yang menyebabkan orang-orang jadi susah tidur,” tandas Joe Ojile, MD, pendiri dan CEO Clayton Sleep Institute, St. Louis, Mo. sekaligus anggota National Sleep Foundation.

Ojile juga menekankan hal-hal seperti menghindari membaca email di atas ranjang dan menaruh televisi di ruangan lain juga penting untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang, terutama ketika stres.

Selain kedua hal itu, ada 6 trik lain yang bisa digunakan seseorang ketika mengalami susah tidur akibat stres seperti halnya dilansir oleh laman detikhealth yang dikutip dari huffingtonpost.

  1. Tuliskan penyebab stres Anda dalam jurnal
    Menjelang tidur, habiskan waktu selama 10 menit atau lebih untuk menuliskan apa saja yang membuat Anda stres ke dalam sebuah jurnal atau secarik kertas, entah itu masalah kerjaan. keluarga atau hal lain yang mengganggu Anda.

    “Sebenarnya menuliskan kekhawatiran Anda ke dalam sebuah jurnal memang takkan menyelesaikan masalah. Tapi manfaatnya adalah memberi Anda tempat untuk mengistirahatkan pikiran Anda dan ‘menghilangkan’ masalah-masalah itu untuk sementara, setidaknya sampai keesokan hari,” terang Ojile.

  2. Mandi
    Manfaatnya ada dua. Pertama air cenderung memiliki kemampuan untuk menenangkan kondisi psikologis seseorang sehingga dapat membantu meredakan stresnya hari itu. Kedua, selain mendinginkan tubuh, seketika Anda keluar dari kamar mandi maka Anda akan merasa kelelahan sehingga ingin rebahan dan beristirahat.

    Tapi jika Anda kurang berkenan dengan mandi, minumlah teh hijau hangat dan non-kafein yang dapat memicu respons pendinginan yang sama terhadap tubuh, saran Ojile.

  3. Berdoa atau meditasi
    Benar apa kata orang tua Anda, berdoa sebelum tidur terbukti dapat menenangkan otak seseorang.

    “Agar bisa berdoa atau meditasi secara efektif, Anda harus melepaskan berbagai hal dalam hidup yang membuat Anda susah tidur,” kata Ojile. Nyatanya, Ojile juga sepakat jika berdoa dan meditasi dapat menenangkan otak sehingga Anda tak lagi harus berguling-guling di atas tempat tidur karena tak bisa tidur.

  4. Jalan kaki
    Mungkin sebagian orang lebih bisa tidur setelah berolahraga keras, tapi ada juga yang menerapkan jalan santai selama beberapa jam sebelum tidur agar bisa meredakan stresnya dan tidur nyenyak.

    “Jalan kaki di malam hari benar-benar bermanfaat untuk menyingkirkan hal-hal yang membuat Anda stres dan tegang sepanjang hari. Anda pun akan merasa lebih baik setelah jalan-jalan itu,” tandas Ojile.

  5. Merilekskan otot
    Ada satu teknik lama yang dapat memicu tidur yaitu progressive muscle relaxation. Kata Ojile, teknik ini hampir sama dengan meditasi dan yoga. Caranya, mulailah dari kaki Anda hingga akhirnya ke sekujur tubuh. Fokuskan diri untuk merilekskan setiap bagian tubuh satu demi satu. Ketika Anda sampai ke kepala, ambil nafas dalam-dalam.

    “Seketika Anda mengambil nafas dalam-dalam maka secara alami Anda akan siap untuk tidur. Anda pun akan merasa lebih tenang dan rileks,” tutur Ojile.

  6. Bercumbu dengan pasangan
    Meluangkan waktu untuk bercumbu dan berpelukan dengan pasangan sebelum tidur mendorong emosi yang secara alami dapat menenangkan diri seseorang. Hal itu juga berarti tidur yang lebih nyenyak, kata Ojile.

    Bercinta juga dapat membantu meredakan stres yang membuat Anda tak bisa tidur. “Cara ini mungkin menghalangi Anda untuk segera tidur tapi bercinta terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur dan merilekskan tubuh Anda,” pungkasnya.

Dari ke enam tips mengatasi susah tidur karena stress diatas, mungkin yang terakhir paling banyak yang disuka khususnya bagi Anda yang sudah mempunyai pasangan, dan ternyata tips no 6 katanya sangat manjur 😀 untuk mengatasi insomnia karena stress.

OK. Selamat mencoba, dan supaya malam ini tidur Anda nyenyak dan bangun pun terasa enak, silakan pelajari tips tidur sehat. Semoga bermanfaat. Untuk mendapatkan bacaan terbaru, silakan ikuti Dunia Baca dot Com via Twitter dan Facebook.

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: