loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Mengatasi Susah Tidur

Kategori Dunia: Obat-obatan
Loading...

Cara Mengatasi Susah TidurMakanan yang Membuat Cepat Ngantuk. Bagi sebagian orang, terkadang urusan tidur menjadi hal yang sulit, bahkan dalam kondisi kelelahan sekalipun, rasa kantuk tak kunjung menyerang.

Nah jika Anda mengalami Susah tidur, berikut DB share Tips cara mengatasi susah tidur dengan mengkonsumi berbagai jenis makanan di bawah ini, yaitu makan-makanan yang membantu mata cepat ngantuk dan terpejam.

Inilah Makan-makan yang membantu Anda cepat tidur

  1. Ayam
    Ayam kaya asam amino triptofan yang membantu menciptakan ketenangan. Triptofan membantu otak membuat serotonin, suatu neurotransmitter yang diperlukan untuk tidur dan rileksasi serta melatonin, neurohormon yang membantu proses tidur.
  2. Kentang tumbuk
    Ubi jalar dan kentang adalah umbi yang ramah bagi darah. Kedua jenis makanan ini tidak akan melonjakkan tingkat gula darah. Bahkan, ubi dan kentang dapat membantu menghilangkan asam yang menghalangi triptofan. Mengombinasi kentang tumbuk dengan susu rendah lemak atau mentega, dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.
  3. Pisang
    Pisang mengandung melatonin dan triptofan (yang diubah menjadi serotonin) untuk membantu Anda tertidur. Melatonin adalah hormon yang memberi sinyal pada otak bahwa sudah waktunya bagi tubuh untuk tidur. Daging buah pisang juga mengandung magnesium yang dapat meringankan ketegangan fisik dan stres.
  4. Susu
    Ibu selalu memberikan anak segelas susu hangat sebelum tidur selama bertahun-tahun. Rupanya, susu kaya akan triptofan, yang dapat membuat tubuh menjadi rileks.
  5. Bubur gandum
    Tidak hanya mengenyangkan karena penuh serat, bubur gandum juga dapat membuat Anda tertidur pulas. Bubur gandum merupakan sumber pangan yang mengandung melatonin. Semangkuk bubur gandum dengan susu hangat merupakan obat tidur alami dengan dosis ekstra.

Jumlah waktu tidur yang berkurang bisa mengancam produktivitas esok hari. Jika Anda tak ingin menggunakan obat-obatan untuk membuat mata segera terpejam, solusinya adalah mengubah kebiasaan makan Anda.

Dengan menghindari makanan yang dapat membuat Anda terus terjaga dan sebaliknya, maka tidur yang berkualitas dapat direngkuh. Adapun jenis makanan yang membuat Anda sulit tidur adalah sebagai berikut :

Makanan yang membuat sulit tidur
Makanan yang mengandung kafein, termasuk cokelat dan makanan-makanan sarat gula dapat mengacaukan ritme alami tubuh. Jumlah waktu yang dibutuhkan masing-masing orang untuk membersihkan kafein dari dalam tubuh bervariasi. Ada yang membutuhkan waktu 24 jam, ada pula kurang dari itu.

Karenanya, bagi Anda yang punya sensitivitas lebih terhadap pengaruh kafein pada tidur dan menginginkan tidur berkualitas di malam hari, hindari mengonsumsi makanan mengandung kafein, meski hanya minum secangkir kopi atau teh.

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: