loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Menghilangkan Stress dengan Cepat

Kategori Dunia: Obat-obatan
Loading...

Tips Menghilangkan Stress dengan Cepat hanya dalam Waktu 10 Detik. Jangan biarkan stres berlama-lama membelenggu diri Anda karena jika tidak segera diatasi akan berkembang menjadi depresi yang merugikan kesehatan.

Jika mulai muncul gejala stres, atasi dengan cara yang cepat, mudah dan alami. Gejala stres dapat diatasi dengan mudah dan cepat, bahkan Anda hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk meredakannya.

Berikut adalah solusi cepat untuk meredakan stres, sebagaimana Dunia Baca dot Com kutip dari laman detik health yang dilansir dari womansday.

  1. Minum teh hitam
    Teh hitam telah terbukti menurunkan kadar hormon stres (kortisol) dalam tubuh. Para peneliti di Inggris telah menemukan bahwa orang yang minum teh hitam lebih cepat mengatasi stres daripada orang yang minum teh jenis lain.

    Teh hitam mengandung katekin, polifenol, flavonoid, dan asam amino yang mempengaruhi neurotransmitter otak dan mengurangi kadar kortisol.

  2. Makan kacang
    Jika Anda merasa banyak pikiran, jangan meraih makanan cepat saji untuk meredamnya tetapi ambillah segenggam kacang sebagai gantinya. Kacang mengandung tryptophan dan magnesium, dua nutrisi kunci yang mendukung produksi serotonin. Kacang almond cepat meredakan stres karena kandungan vitamin B, zinc, vitamin E dan antioksidan di dalamnya.
  3. Menggosok telinga
    Menurut ilmu Ayurveda yang telah dipercayai selama 5.000 tahun di India, menggosok telinga dapat meringankan stres karena memiliki efek yang hampir sama dengan akupuntur. Gosoklah masing-masing telinga berkeliling untuk meredakan ketegangan dengan cepat.
  4. Mencium wangi aromaterapi
    Aromaterapi memiliki efek menenangkan yang dapat menjinakkan ketegangan dalam waktu singkat. Aroma lavender, chamomile, lemon dan geranium terbukti dapat meredakan stres dengan cepat.

    Tempatkan beberapa tetes minyak esensial pada bola kapas dan gantunglah didekat jendela atau ventilasi agar aromanya menyebar ke seluruh ruangan ketika diterpa semilir angin. Hal ini akan membuat Anda jauh lebih tenang.

  5. Mengambil vitamin C
    Para peneliti di University of Alabama mengatakan bahwa vitamin C mengurangi kadar hormon stres dalam darah, yang dapat mengurangi respon tubuh terhadap stres. Studi menunjukkan bahwa 1.000 mg vitamin C dapat membantu menenangkan diri Anda dalam sekejap.
  6. Memijat pangkal kepala
    Lakukan pijatan akupresur sendiri untuk mengatasi stres dengan cara menempatkan jari kiri pada dasar kepala belakang, kemudian bergerak ke bawah selebar satu jari, lalu pindahkan ke kiri selebar satu jari. Posisikan jari kanan Anda di tempat yang sama di sisi kanan. Tekan kedua titik selama satu sampai tiga menit.
  7. Makan buah beri
    Stroberi, blueberi dan jenis buah beri lainnya mengandung beberapa antioksidan alami terkuat dan kaya akan vitamin C sehingga mampu mengendalikan stres. Stres menyebabkan tubuh melepaskan molekul oksigen radikal bebas yang dapat diatasi oleh manfaat antioksidan buah beri untuk menetralkan molekul-molekul berbahaya.
  8. Menerapakan pose yoga
    Para ahli merekomendasikan untuk melipat tangan seperti sedang berdoa di belakang punggung, lalu tarik hingga ke bahu, miringkan kepala Anda dan kembalilah ke posisi semula sambil menarik napas dalam-dalam. Gerakan ini akan membuat Anda rileks dan terbebas dari stres dalam waktu yang sangat singkat.
  9. Makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks
    Karbohidrat kompleks meningkatkan kadar serotonin dan menjaga seseorang agar tetap tenang dan relaksasi untuk jangka waktu yang lama. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks termasuk roti gandum, oat dan beras merah serta kacang-kacangan seperti kacang polong.
  10. Latihan otot selama 10 kali perulangan
    Push up, sit up atau melompat hingga 10 kali perulangan yang membuat darah mengalir ke seluruh tubuh. Hal ini dapat membantu melepaskan endorfin, yang merupakan pereda stres alami.
  11. Tertawa
    Menurut studi di University of California, tertawa ketika stres dapat meningkatkan produksi hormon penghilang stres dan menyebabkan efek relaksasi yang dapat bertahan hingga 24 jam. Bacalah komik lucu atau menonton acara komedi di TV untuk memancing hasrat ingin tertawa.
  12. Makan makanan yang dapat memperbaiki mood
    Makanan-makanan tertentu mengandung senyawa yang dapat membantu tubuh memproduksi zat kimia pada saraf untuk meningkatkan suasana hati. Makanan berikut telah terbukti memiliki efek menenangkan antara lain biji labu, kacang, bayam dan cokelat, pepaya, dan pisang.

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: