Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Selama Puasa Ramadan

Kategori Dunia: Gema Ramadhan, Kesehatan

Powered by: id.neuvoo.com

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Selama Puasa Ramadan. Masalah kebersihan gigi saat menjalankan puasa seakan menjadi momok yang menyulitkan bagi sebagian orang. Menurut firman Allah SWT dalam Al Quran surat Al Maidah ayat 45 menyebutkan, menjaga kesehatan gigi merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT.

“Dan kami telah menetapkan terhadap mereka di dalamnya (Taurat) bahwasanya jiwa (dibalas) dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, gigi dengan gigi, dan luka (pun) ada qishashnya,”

Merujuk dari surat Al Maidah ayat 45 di atas menunjukkan menjaga setiap organ tubuh termasuk kesehatan gigi menjadi sesuatu yang wajib untuk dijaga.

Rasulullah SAW salah satu orang yang sangat memperhatikan kebersihan dan kesehatan giginya. Hal ini digambarkan dalam hadits riwayat Tirmidzi.

Apabila Nabi SAW bangun dari tidurnya, Beliau SAW selalu bersiwak (membersihkan) dengan siwak (HR.Bukhari Muslim).

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan gigi selama bulan Ramadan:

Menyikat gigi minimal 2x sehari yaitu setelah makan sahur dan sebelum tidur.

Berkumur saat berwudhu. Berkumur saat wudhu dapat membantu mengurangi gejala mulut kering saat kita berpuasa.

Tilawah Al Quran Tilawah atau membaca Al Quran secara tartil (mentajwidkan huruf dan mengenal waqaf) pada saat berpuasa. Selain akan dibalas dengan pahala berlipat ganda juga dapat berperan sebagai suatu substituen dari proses pengunyahan yang akan mengaktifkan otot-otot lidah, bibir, dan pipi.

Perbanyak minum air putih pada saat sahur dan berbuka puasa.

Perbanyak makan-makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayuran saat sahur dan berbuka puasa.

Stop kebiasaan buruk Kebiasaan buruk seperti merokok selain hukumnya haram juga dapat meningkatkan resiko kerusakan gigi dan bahkan gangguan mulut lainnya

“Periksa gigi secara rutin. Lakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin dan berkala minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi,” kata sekretaris umum PROKAMI (Perhimpunan Tenaga Profesi Kesehatan Muslim Indonesia) Tryanza Maulana, seperti dilansir dari laman Merdeka, Minggu (29/6).

loading...

Bacaan Terkait: