Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Menjaga Kesehatan Tulang

Kategori Dunia: Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Tulang. Taukah anda bahwa wanita lebih rentan terserang osteoporosis dibanding pria? Hal ini dikarenakan hormone estrogen yang dimiliki oleh wanita menyebabkan datangnya menstruasi, hamil, menyusui, dan peristiwa lain yang membuat kalsium pada tubuh wanita mudah lepas dan tulang lebih cepat keropos.

Karenanya, menjaga kesehatan tulang adalah hal yang sangat penting. Nah, berikut kami bagi beberapa tipsnya untuk anda, seperti dikutip dari mayoclinic.com.

Konsumsi makanan kaya kalsium. Kalsium adalah nutrisi kunci untuk kesehatan tulang.

Kekurangan asupan kalsium akan mengurangi kepadatan tulang dan tulang akan lebih cepat keropos. Bagi anda yang berusia 19-50 tahun, asupan kalsium yang direkomendasikan adalah 1.000-1.200 mg per hari. Sedangkan bagi ladies yang berusia diatas 50 tahun, yang direkomendasikan adalah 1.200-1300 mg per hari.

Anda bisa mendapatkan asupan kalsium melalui produk susu (low-fat atau low-sugar lebih direkomendasikan), kacang almond, brokoli, sayuran hijau, salmon, sarden, tahu, kacang-kacangan, dsb.

Tips yang kedua adalah penuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D. untuk menyerap kalsium, tubuh anda membutuhkan vitamin C. bagi Anda yang berusia atara 19 sampai 71 tahun, jumlah vitamin yang direkomendasikan adalah 600 IUs (International Units) per hari, sedangkan bagi usia diatas 71 tahun adalah 800 IUs.

Untuk mendapat asupan vitamin D, Anda bisa mengkonsumsi minyak ikan (sarden dan tuna), kuning telur, dan susu. Selain itu, sinar matahari juga dapat menambah asupan vitamin D untuk tubuh anda.

Dan yang terakhir, lakukan pola hidup sehat lainnya, seperti olahraga secara teratur (jalan-jalan, jogging, tennis), dan kurangi rokok dan minuman beralkohol, karena tembakau dapat melemahkan tulang dan alkohol dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

loading...

Bacaan Terkait: