Tips Menjawab Pertanyaan Interview / Tips Wawancara Kerja | Dunia Baca dot Com

You are here:

Tips Menjawab Pertanyaan Interview / Tips Wawancara Kerja

Capai Sukses

Tips Interview Kerja – Jika Anda pernah mengajukan Surat Lamaran Pekerjaan pada salah satu perusahaan, dan nasib baik sedang memihak pada diri Anda, kemungkinan besar sebelum Anda diterima menjadi karyawan di perusahaan tersebut, anda biasanya akan mengikuti prosedur yang umumnya berlaku pada perusahaan, diantaranya anda akan melakukan psikotest dan selanjutnya jika Anda lolos, maka Anda akan memasuki bapak final atau interview. Dalam interview atau wawancara, ini memungkinkan anda akan diterima atau sebaliknya, tergantung dari jawaban Anda tentang pertanyaan yang sudah disiapkan oleh perusahaan. Namun pada umumnya, pertanyaan yang sering muncul saat melakukan interview atau wawancara adalah seputar kepribadian Anda, pengalaman kerja dan lain-lain. Lalu bagaimana cara menghadapi pertanyaan-pertanyaan saat interview? Berikut ini Perpustakaan Online Blogger Indonesia (duniabaca.com) berbagi tips 7 pertanyaan penting dalam interview kerja, yang mungkin bisa membantu anda dalam menghadapi wawancara, seperti yang dilansir oleh id.shooving.com

7 Pertanyaan dalam Interview
1. Ceritakan mengenai diri Anda!
Untuk pertanyaan ini, interviewer ingin Anda menjelaskan mengenai kekuatan, prestasi, atau segala hal positif yang yang terkait dengan Anda. Mungkin Anda terjebak untuk menjawab mengenai hobi saya, saudara dan keluarga saya, hewan piaraan saya, teman dan lain sebagainya. Jawaban tersebut tidak berguna karena tidak akan memberikan manfaat kepada perusahaan.

2. Apakah kelemahan Anda?
Jangan menceritakan tentang hal – hal negatif mengenai diri Anda misalnya pernah menggunakan narkoba, pernah dipenjara, kalau tiduk ngorok, mabuk, atau misalnya saya tidak bisa kerja di bawah tekanan waktu deadline. Jawaban itu akan membunuh Anda seketika. Yang benar misalnya mengatakan bahwa Anda orangnya workaholic, jadi saya tidak bisa berhenti jika pekerjaan saya belum selesai akan tetapi saya akan berusaha mengatur waktu dengan baik saat saya mulai kerja di perusahaan ini. Memang kelihatannya itu adalah sebuah kelemahan tetapi tidak bagi interviewer. Itu semua hanyalah sebuah contoh, jawaban Anda mungkin bisa dalam hal yang lain.

Pesan Sponsor

3. Kenapa Anda meninggal pekerjaan sebelumnya?
Jawaban untuk pertanyaan ini akan menentukan jenis kepribadian Anda. Pertanyaan explisitnya adalah “Apakah Anda loyal terhadap perusahaan?”. Jangan pernah berkata bahwa karena perusahaan Anda menawarkan gaji yang lebih tinggi dibanding perusahaan sebelumnya atau perusahaan tempat saya kerja kemarin jelek, perusahaan Anda adalah yang terbaik. Cara pandang dan perkataan negatif Anda tidak akan menaikkan rangking Anda di depan interviewer. Katakan bahwa – Saya melihat disini saya dapat berkembang dan meningkatkan kepribadian, kemampuan saya…dll setingkat lebih baik jika saya bergabung dalam perusahaan ini

4. Bisa bekerja bersama tim?
Katakan ya untuk pertanyaan ini. karena dengan tim Anda bisa bekerja dengan cepat dan efisien. Jangan katakan bahwa saya mampu memimpin tim perusahaan Anda, kenapa? karena setiap perusahaan memiliki kondisi kerja yang berbeda. Ditambah lagi Anda tidak tahu anggota member tersebut ataupun mengenalnya satu persatu. Jadi jangan memberikan opini sampai Anda melihat faktanya.

5. Berapa gaji yang Anda inginkan?
Berapa gaji yang Anda inginkan? jangan berkata seolah Anda ingin mengambil uang yang banyak dari perusahaan tanpa Anda mau memberikan apapu. Tunjukkan mereka kita adalah partner beri mereka Win-Win Solution. Anda bisa menjelaskan UMR misalnya 1Juta, kemudian ditambah biaya-biaya lain misalnya untuk posisi supervisor saya membutuhkan dana komunikasi Rp…, tabungan Rp…, asuransi Rp…, etc. Jelaskan dari sudut pandang perusahaan dulu kemudian jelaskan biayanya.

6. Kenapa saya harus menerima Anda?
Pertanyaan ini merupakan hal yang susah saya jawab. Anda bisa menjawab bahwa saya tinggal di dalam kota yang sama dengan perusahaan sehingga saya bisa lebih fokus bekerja, saya mampu melakukan market research karena saya mempunyai jaringan yang luas, atau saya memiliki pengalaman 5 tahun dan saya tahu tentang teori dan prakteknya sehingga saya mampu meningkat kecepatan perusahaan dengan cepat.

7. Apa saran Anda untuk meningkatkan kinerja perusahaan?
Jangan memberi pernyataan tanpa fakta. Anda harus menjawabnya dengan jujur bahwa Anda tidak mengetahui fakta situasi perusahaan yang sesungguhnya. Katakan bahwa Anda akan melihatnya dulu dengan seksama dan setelah itu akan memberikan pendapat dan saran.

Itulah beberapa tips saat menghadapi pertanyaan interview kerja, semoga dengan mempelajari tips menghadapi interview kerja ini, Anda tidak ragu lagi dalam menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh pihak perusahaan dan semoga Anda terpilih menjadi karyawan pada perusahaan yang dimaksud. Selamat Bekerja, Tunjukkan yang terbaik, maka Anda akan lebih di hargai.

Posted by         4 Responses
   

Tidak ingin ketinggalan Informasi?

Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

*Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

 

4 Comments to “Tips Menjawab Pertanyaan Interview / Tips Wawancara Kerja”

  1. Sepertinya Anda membaca pikiran saya! Anda tampaknya tahu banyak tentang hal ini, seperti Anda menulis buku di dalamnya atau sesuatu. Keep updated post, i i’ll be back, makasih, salam kenal.

  2. mengenai pertanyaan ‘ berapa gaji yang anda inginkan?”, perusahaan sudah memiliki standar gaji sendiri untuk karyawannya, tapi mau nggak mau kita harus menjawab, oleh karena itu saya setuju seakali kalo kita harus gali info sedalam2nya untuk menjawab pertanyaan itu. nice post.

  3. komunikarir says:

    Jujurlah pada diri saat menjawab wawancara kerja, tanpa perlu mengutarakan kelemahan yang kita miliki. Kejujuran sangat penting untuk menjawab tantangan pekerjaan yang akan kita hadapi nanti. salam kenal ya :)

  4. Facewoman says:

    sangat membantu sekali bagi saya yang sedang membutuhkan itu.

Page 1 of 11
NOTE:
* Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

Mar
4
2011
 
Kategori Bacaan