Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Tips Merawat Keindahan Rambut Bayi dan Balita

Kategori Dunia: Ibu dan Anak

Tips Cara Merawat Rambut Bayi dan Balita agar Tetap Sehat dan Indah. Banyak bayi yang lahir dengan sedikit rambut yang sangat tipis atau tanpa rambut sama sekali. Hal tersebut wajar dan tidak perlu Anda cemaskan, rambut bayi akan tumbuh dengan sendirinya.

Dengan helai yang lebih halus dan kulit kepala yang lebih sensitif, sebenarnya tidak ada perawatan khusus untuk merawat rambut bayi, tetapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar rambut buah hati tumbuh sehat dan lembut.

1. Gunakan Sisir Jarang & Ujung Lembut

Pilih sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut bayi dan balita. Hal ini untuk menghindari kusut dan rambut yang tertarik secara paksa sehingga menimbulkan rasa sakit saat bayi disisir. Saat membeli sisir khusus bayi dan balita, pilih sisir dengan ujung bantalan gigi sisir yang lembut agar tak melukai kulit kepala bayi. Untuk memastikannya, coba terlebih dahulu gerakan menyisir di punggung tangan Anda, bila terasa kasar, pilih sisir lain.

2. Keramas 2 – 3 Kali Seminggu
Tidak perlu membersihkan rambut bayi setiap hari, Anda cukup mencuci rambutnya dua hingga tiga kali dalam seminggu. Gunakan air yang hangat (jangan yang terlalu panas). Hati-hati saat mengusap kulit kepalanya, lakukan dengan lembut karena tempurung bayi masih lunak dan tumbuh selama beberapa bulan.

3. Pakai Shampoo Khusus
Anda bisa menemukan banyak shampoo khusus bayi dan balita yang banyak beredar di pasaran. Biasanya shampoo tersebut mengandung formula tidak pedih di mata dan memiliki pH yang disesuaikan dengan kondisi kulit kepala bayi dan balita. Walau demikian, pastikan shampoo tidak mengalir mengenai mata.

Balita seringkali aktif bergerak saat mandi dan mencuci rambut, beberapa dari mereka bahkan takut bila Anda mengguyur kepala mereka dengan air karena tidak mereka jadi sulit bernapas. Agar mereka tidak rewel saat keramas, Anda bisa memakaikan topi khusus untuk keramas (bisa dipakai pada balita di atas usia 9 bulan dan balita). Topi ini bisa Anda dapatkan di toko perlengkapan bayi.

4. Tidak Perlu Kondisioner/Krim Rambut
Rambut bayi yang baru lahir tidak/belum memerlukan kondisioner atau krim yang berfungsi melembutkan rambut. Saat bayi telah bertambah usia dan rambutnya semakin panjang, Anda bisa memberikan kondisioner atau krim rambut bayi dengan teratur.

5. Rapikan Rambut
Saat rambut bayi atau balita mulai panjang, Anda harus merapikannya dengan cara memotong. Untuk bayi, lakukan saat mereka sedang tidur atau setelah mandi. Anda bisa minta bantuan orang lain, satu orang menggendong, satu orang memotong rambut.

Untuk balita, beberapa dari mereka akan menangis saat tahu rambutnya akan dipotong, Anda bisa melakukan tips memotong rambut balita agar acara merapikan rambut jauh lebih menyenangkan.

loading...

Bacaan Terkait: